kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,27   6,81   0.74%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas, radang gusi bisa bikin gigi tanggal


Senin, 02 Mei 2016 / 16:05 WIB
Awas, radang gusi bisa bikin gigi tanggal


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitangganag | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Jika bicara soal kesehatan mulut, kebanyakan orang hanya terfokus pada kesehatan gigi saja. Jangan salah, kesehatan gusi pun tidak boleh diabaikan. Jenis penyakit yang umumnya terjadi pada gusi adalah periodontitis atau peradangan gusi.

Selain menyebabkan rasa sakit yang cukup menganggu, radang gusi ternyata juga bisa menyebabkan gigi tanggal. Bakteri yang berkembang di dalam jaringan gusi yang masuk ke aliran darah dan mengganggu struktur pendukung gigi. Parahnya, bukan hanya gigi saja yang punya potensi terkena dampaknya, bakteri tersebut juga bisa menyerang organ tubuh lain seperti paru-paru dan jantung atau dalam istilah kedokteran disebut fokal infeksi.

Sekar Rio Ardhita, dokter gigi, bercerita, periodontitits biasa ditandai dengan memerahnya gusi dan bengkak serta mudah berdarah. "Peradangan ini dipicu oleh penumpukan plak yang jarang dibersihkan yang jika diabaikan akan membentuk karang gigi dan munculnya bakteri" jelas Sekar.

Penanganan

Sekar menghimbau, jika terdapat keluhan dan pembengkakan ke gusi ada baiknya segera periksakan ke dokter gigi atau dokter spesialis gusi. "Nanti dokter akan mendiagnosa setelah memeriksa jaringan gusi lunak gigi melalui uji gigi dan radiografi (rontgen gigi)" kata Sekar.

Jika periodontitis belum masuk ke tahap parah, dokter akan melakukan pembersihan karang gigi guna menghilangkan karang gigi dan bakteri yang ada di permukaan gigi atua bagian bawah gusi.

Sedangkan jika kasusnya dinyatakan Periodontitis parah, dokter akan melakukan operasi kecil untuk mengurangi kantong-kantong gusi. "Dioperasi untuk memotong gusi, jaringan lunak yang rusak dan mengasah tulang supaya tulang di area akar gigi yang telah hancur (bone graft) terbaiki" ucap Sekar.

Untuk menjegah terjadinya penyakit radang gusi atau Periodontitis, caranya sangat sederhana yaitu dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut serta membersihkan gigi menggunakan dental floss (benang gigi) guna membersihkan sela-sela gigi. "Rajin menyikat gigi, rutin cek ke dokter gigi setiap enam bulan sekali" tutup Sekar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×