Yuk Simak! 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 16 Januari 2023 | 12:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Yuk Simak! 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat buah manggis untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. Pasalnya, mengkonsumsi buah manggis mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat buah manggis tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, buah manggis mengandung banyak sekali nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Buah manggis adalah salah satu jenis buah yang banyak ditemukan daerah beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. Selain itu, buah manggis juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan penyedap rasa. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang khas.

Baca Juga: Mampu Mencegah Kanker, Catat 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Penasaran apa saja manfaat buah manggis untuk kesehatan?

Melansir dari Netmeds, berikut ada beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah manggis adalah dapat dipercaya menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah manggis mampu melancarkan aliran darah ke semua organ tubuh terutama ke jantung. Oleh sebab itu, buah manggis sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis mengandung banyak sekali vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah manggis mampu mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Sendi Bengkak? Simak 5 Gejala Rematik yang Penting Untuk Diwaspadai

3. Meredakan Rasa Sakit

Perlu Anda ketahui buah manggis juga mengandung antiflamasi yang mampu meredakan peradangan. Selain itu buah manggis juga senyawa xanthone yang dapat menjadi obat untuk meredakan rasa sakit seperti radang sendi, sakit pinggang, hingga kram saat menstruasi.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Buah Manggis juga dikenal mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Pasalnya, buah manggis mengandung antioksidan yang mampu mencegah akumulasi plak di sel-sel otak dan juga meningkatkan memori atau daya inget. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah manggis secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit alzheimer.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5. Memperlambat Penuaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa buah manggis adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan. Salah satunya, catechin yang mampu melindungi sel-sel sehat di kulit dari kerusakan dan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke sel-sel kulit. 

Buah Manggis juga memerangi infeksi kulit bakteri, sehingga menjamin kulit lebih kencang, bercahaya dan awet muda.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain itu buah manggis juga mempunyai manfaat yang mampu menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, buah mengandung antioksidan, antiinflamasi dan serat larut yang mampu mengatur nafsu makan, meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Buah manggis juga mampu menghilangkan radikal bebas yang merugikan, racun dari tubuh dan meningkatkan sintesis insulin yang berfungsi untuk pemrosesan glukosa darah yang lebih baik untuk diasimilasi oleh sel-sel otot. Ini membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan secara efektif mencegah diabetes.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Cara Meningkatkan Sperma yang Penting Untuk Diketahui

7. Mencegah Kanker

Manfaat buah manggis yang tak boleh terlewatkan adalah mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker. Pasalnya, buah manggis dianugerahi memiliki komponen seperti antioksidan, antiinflamasi, antikanker yang mempunyai manfaat yang hebat.

Pasalnya, kandungan dalam buah manggis tersebut mampu menghancurkan sel tumor dan menghentikan metastasis sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat menekan pembentukan jaringan ganas di berbagai organ vital penting seperti payudara, paru-paru, hati, ginjal, lambung, usus dan pankreas yang rawan terkena kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru