Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh


KONTAN.CO.ID - Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan mungkin tidak sepopuler baunya yang khas. Meski demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, mengkonsumsi buah mengkudu mampu memberikan berbagai manfata yang baik untuk kesehatan dan mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan buab mengkudu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti, protein, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Yuk Simak! 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung banyak antioksidan dan antibakteri yang mampu mencegah berbagai penyakit. 

Bahkan, buah mengkudu juga bisa dimanfaat untuk kecantikan seperti melembapkan kulit hingga menyamarkan kerutan yang membuat Anda tampak lebih awet muda. 

Penasaran apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfata buah mengkudu untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehata Jantung

Salah satu manfaat buah mengkudu adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu mampu mengurangi kerusakan sel dan peradangan internal. 

Salah satunya yang disebabkan oleh asap tembakau. Selain itu buah mengkudu juga mampu mengurangi peradangan dan kadar kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Gula Darah, Yuk Simak 5 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Energi

Buah mengkudu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang berfungsi sebagai tonik tubuh. 

Sejak zaman kuno, buah mengkudu bermanfaat untuk kelemahan umum. Ini membantu meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan. 

Terlepas dari kadar vitamin C yang tinggi, buah mengkudu mengandung berbagai fitokimia lain yang membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh. Alhasil, mengkonsumsi mengkudu secara teratur meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh manusia.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Buah mengkudu juga mempunyai manfaat yang dapat mengurangi rasa sakit. Pasalnya, buah mengkudu adalah obat tradisional tradisional untuk mengurangi rasa sakit. 

Buah mengkudu juga bekerja sangat baik dalam mengurangi kondisi nyeri sendi seperti rheumatoid arthritis, asam urat, dan osteoporosis.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Simak 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah mengkudu selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu mengandung vitamin C, poli nutrisi, dan mineral dalam jumlah tinggi yang menjaga kesehatan pembuluh darah agar jantung tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Buah mengkudu juga memiliki manfaat yang luar biasa yaitu dapat mengurangi risiko kanker.

Dilansir dari Pharmeasy menurut penelitian, jika kanker sudah ada, maka mengkudu dapat memperlambat, menghentikan, atau membalikkan proses kanker.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Simak 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tahukah Anda jika buah mengkudu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit? Biab mengkudu bisa membantu melembapkan kulit dan mencegah penuaan loh.

7. Antidepresan

Buah mengkudu juga dipercaya bisa digunakan sebagai antidepreesan atau mood booster. Pasalnya, buah mengkudu mengandung senyawa yang bisa merangsang hormon yang membantu menstabilkan suasana hati, emosi dan tidur.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan, Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Pasalnya, buah mengkudu juga mempunyai manfaat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, buah mengkudu juga cocok dikonsumsi penderita obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru