Yuk Simak 5 Gejala Penyakit Stroke yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula Dari Migrain

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:53 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Yuk Simak 5 Gejala Penyakit Stroke yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula Dari Migrain

ILUSTRASI. Gejala penyakit stroke.


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala penyakit stroke yang penting untuk diketahui. Selain itu, gejala penyakit stroke merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dan perlu diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan.

Selain itu, mengetahui gejala stroke juga bisa membuat Anda bisa segera memeriksakan ke dokter sebelum kondisi menjadi lebih parah. Pasalnya, jika kondisi stroke sudah parah bisa membuat Anda lumpuh hingga meninggal dunia.

Kebanyakan penyakit stroke dialami oleh orang tua. Namun, Anda yang berusia mudah juga perlu berhati-hati.

Baca Juga: Yuk Simak! 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Merangkum dari Prevention, berikut beberapa gejala yang mirip stroke yang perlu Anda waspadai. 

1. Kejang

Jika Anda mengalami kejang, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala stroke. 

Kejang adalah gangguan listrik yang tiba-tiba dan tidak terkendali di otak, menurut Mayo Clinic. Ini dapat menyebabkan perubahan dalam cara Anda berperilaku, bergerak, atau menjadi gejala stroke.

Baca Juga: Selain Manis, Kenali 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh

2. Gula Darah Tinggi atau Rendah

Gula darah tinggi atau rendah juga bisa menjadi salah satu gejala stroke. Selain stroke, jika Anda mengidap gula darah tinggi juga bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung atau diabetes.

3. Migrain

Migrain adalah sakit kepala berulang yang dapat menyebabkan rasa sakit sedang hingga parah yang biasanya di satu sisi kepala Anda. Melansir dari Prevention, migrain juga menjadi salah satu gejala stroke yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Sulit Berbicara

Gejala stroke selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah sulit berbicara. Pasalnya, gejala awal stroke adalag otot-otot wajah yang mulai melemah termasuk kesulitan berbicara.

5. Sklerosis Ganda

Sklerosis ganda adalah penyakit sistem saraf yang berdampak pada otak dan sumsum tulang belakang Anda. Penyakit ini bisa merusak sel-sel saraf Anda dan menjadi salah satu gejala stroke. Selain itu Anda juga akan mengalami gangguan penglihatan hingga kesemutan.

Demikian beberapa gejala stroke yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami hal di atas, segeralah untuk memeriksakan kondisi tubuh ke dokter atau tenaga medis terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru