Yuk, konsumsi 6 makanan yang mengandung vitamin B ini

Selasa, 26 Januari 2021 | 11:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, konsumsi 6 makanan yang mengandung vitamin B ini

ILUSTRASI. Telur rebus adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin B.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sistem dan metabolisme tubuh dapat berjalan karena adanya vitamin B. Jenis vitamin tersebut juga berguna untuk mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi. Makanya, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Ada banyak jenis vitamin B yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan lain sebagainya. Tiap jenis vitamin tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya, vitamin B1 berguna untuk membantu tubuh mencerna vitamin B yang lain dan memproduksi sel darah merah.

Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), daging merah, telur, produk olahan susu, dan sayuran hijau adalah beberapa sumber makanan yang bisa Anda pilih. Dengan mengonsumsi sumber makanan tersebut, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Salmon

Salah satu makanan yang mengandung vitamin B adalah salmon. Dengan mengonsumsi satu porsi salmon, Anda bisa memenuhi 80% kebutuhan vitamin B12 harian. Tak hanya itu, salmon juga berisi vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.

Baca Juga: 10 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Telur Rebus

Seperti yang telah disebutkan, telur bisa Anda jadikan opsi sumber vitamin B. Cobalah untuk mengonsumsi satu hingga dua butir telur rebus secara rutin agar kebutuhan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan jenis vitamin yang lain terpenuhi.

Susu

Jika malas mengunyah makanan, Anda masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin B dengan minum susu. Dengan minum segelas susu sapi, Anda dapat memenuhi 29% kebutuhan vitamin B2. Bila Anda alergi terhadap laktosa, Byrdie merekomendasikan oat milk sebagai pengganti susu sapi.

Jeruk

Jeruk adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin B.

Jeruk termasuk dalam salah satu makanan yang mengandung vitamin B. Selain mengandung jenis vitamin tersebut, jeruk juga memiliki banyak vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, risiko tubuh terkena penyakit pun menurun.

Baca Juga: Catat, ini 5 pilihan makanan yang mengandung mineral

Sayuran Hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, salah satunya adalah bayam. Selain mengandung vitamin B1 dan vitamin B2, bayam juga memiliki banyak folat dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pisang

Jenis buah lain yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin B Anda adalah pisang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya dengan makanan bergizi lain. Misalnya, mencampur pisang dalam oatmeal atau mengolahnya menjadi smoothie.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi makanan bergizi untuk dikonsumsi setiap hari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru