kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, hindari 3 makanan penyebab jerawat ini


Sabtu, 19 Desember 2020 / 15:50 WIB
Yuk, hindari 3 makanan penyebab jerawat ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah dengan menghindari atau tidak mengonsumsi makanan penyebab jerawat secara berlebihan.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi berperan pada kondisi kulit wajah Anda. Melansir The Dermatology Specialist, makanan penyebab jerawat meningkatkan munculnya masalah kulit tersebut sebanyak 10%.

Ada banyak sekali produk perawatan kulit yang bisa Anda gunakan. Namun, menghindari makanan penyebab jerawat adalah salah satu kunci untuk mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit lain.

The Dermatology Specialist menyarankan Anda agar membatasi konsumsi junk food dan makanan manis. Yuk, hindari 3 makanan penyebab jerawat berikut:

Baca Juga: Ampuh! Inilah 3 cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Susu

Susu merupakan makanan penyebab jerawat yang perlu Anda waspadai. Jerawat terasa semakin parah karena adanya bovine hormone pada makanan tersebut.

Meski sulit untuk dihindari, membatasi konsumsi susu perlu Anda lakukan. Anda bisa mencoba susu almon sebagai pengganti.

Alkohol

Makanan penyebab jerawat lainnya adalah alkohol. Mengonsumsi banyak alkohol bisa mengubah jumlah hormon dalam tubuh. The Dermatology Specialist menyebutkan, alkohol belum terbukti berpengaruh langsung terhadap jerawat.

Namun, konsumsi alkohol membuat jumlah estrogen atau testosteron menjadi tidak seimbang. Hal itulah yang menjadi faktor utama munculnya masalah kulit seperti jerawat.

Saat jumlah hormon meningkat, kulit akan memproduksi sebum. Sebum akan menyumbat pori-pori bersama minyak dan bakteri.

Kondisi tersebut menimbulkan jerawat dan membuatnya terasa sakit. Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan penyebab jerawat ini agar tidak menimbulkan masalah.

Baca Juga: 3 Cara mengatasi gigi berlubang yang perlu Anda tahu

Gula

Mengutip The Dermatology Specialist, gula jadi salah satu makanan penyebab jerawat. Makanan yang mengandung gula membuat jumlah insulin dalam tubuh meningkat drastis.

Saat jumlah insulin meningkat, produksi minyak di kulit juga ikut bertambah. Minyak berlebih di kulit dan sebum bisa membuat pori-pori tersumbat.

Jadi, Anda bisa mulai berhenti mengonsumsi makanan penyebab jerawat ini dengan menguranginya sedikit demi sedikit.

Selanjutnya: 5 Manfaat jahe sebagai obat herbal untuk menurunkan kolesterol sampai rematik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×