kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, coba 4 cara menurunkan gula darah secara alami ini


Sabtu, 10 April 2021 / 13:00 WIB
Yuk, coba 4 cara menurunkan gula darah secara alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi beberapa jenis makanan termasuk salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda bisa terjaga.

Beberapa jenis makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya penyakit diabetes tak semakin parah. Kandungan dalam bahan alami akan membantu tubuh mengontrol jumlah gula darah dan sensitivitas insulin sehingga diabetes Anda bisa tertangani dengan baik.

Meski demikian, penting bagi Anda untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis makanan berikut. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu. Jika tidak, ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami dan mengganggu kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Jahe

Cara menurunkan gula darah secara alami pertama yang direkomendasikan E Times (timesofindia.indiatimes.com) adalah dengan menggunakan jahe. Caranya, rebus jahe dalam segelas air selama 5 menit. Setelah mendidih, saring lalu minum air rebusan itu.

Baca Juga: Menderita kencing manis? Biji rambutan efektif mengobati diabetes melitus

Daun Mangga

Tahukah Anda bahwa daun mangga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi gula darah tinggi? Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, rebus beberapa daun mangga hingga mendidih atau minimal selama 15 menit.

Setelah mendidih, saring air rebusan itu untuk memudahkan Anda meminumnya. Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun mangga secara rutin, yaitu setiap pagi saat perut Anda masih kosong.

Pare

Pare bisa Anda gunakan sebagai cara menurunkan gula darah secara alami.

Cara menurunkan gula darah secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan pare. Meski terasa pahit, jenis sayur itu cukup efektif mengatasi jumlah gula darah dalam tubuh yang sulit terkontrol. Anda bisa mengonsumsi pare dalam bentuk jus atau mengolahnya dengan bahan bergizi yang lain.

Baca Juga: Waspada, gula darah rendah bisa ganggu pencernaan, aliran darah dan sistem syaraf

Kayu Manis

Jika Anda mencari cara menurunkan kadar gula tanpa obat, kayu manis bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Mengutip dari E Times, hal itu terjadi karena kandungan dalam kayu manis menstimulasi aktivitas insulin sehingga jumlah gula darah bisa lebih terkontrol.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak rumit. Anda hanya perlu minum segelas air hangat yang telah dicampur dengan ½ sdt setiap hari. Selain air hangat, ada banyak jenis minuman lain yang bisa Anda kombinasikan dengan kayu manis. Misalnya, teh atau smoothies.

Selanjutnya: 5 Tanda gula darah naik yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×