Tips Sehat

Wow! Jeruk lemon ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi

Selasa, 26 Mei 2020 | 11:28 WIB Sumber: Kompas.com
Wow! Jeruk lemon ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi

ILUSTRASI. Ilustrasi. Jeruk lemon bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi berbahaya untuk kesehatan tubuh. Alih-alih mengkonsumsi obat, Anda bisa konsumsi air perasan jeruk lemon secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Kolesterol sebenarnya bisa dikendalikan dengan obat penurun kolesterol dan perubahan gaya hidup. 

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami bisa dengan rutin berolahraga, menghindari makanan penyebab kolesterol melonjak, dan diet tinggi serat. Salah satu makanan penurun kolesterol potensial adalah jeruk lemon. 

Baca Juga: Kopi hitam tanpa gula memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda

Beberapa studi menunjukkan jeruk lemon bermanfaat untuk pengidap kolesterol tinggi. Berikut penjelasannya. 

Manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol 

Lemon dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol lewat berbagai cara. Di antaranya: 

1. Mengontrol kolesterol jahat 

Melansir Live Strong, riset yang dipublikasikan pada 2013 di International Journal of Humanities and Social Science menyebut manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol. 

Dalam studi disebut, penderita kolesterol tinggi yang diberi air dengan perasan jeruk lemon setiap hari, kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) turun signifikan. 

Namun, penelitian tersebut juga mengharuskan peserta untuk berolahraga secara teratur dan mengikuti diet rendah lemak. Pendapat lain mengenai manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol disampaikan ahli dari University of Michigan Health System. 

2. Menambah asupan vitamin C 

Lemon dianggap sebagai asupan tinggi vitamin C yang dapat membantu mengontrol kolesterol dalam darah. Dalam satu cangkir perasan lemon, kandungan vitamin C-nya sebesar 94 miligram. 

Baca Juga: Serba-serbi darah tinggi, penyebab, gejala dan cara mencegahnya

Sedangkan kandungan vitamin C satu cangkir lemon segar sebesar 112 miligram. Kandungan vitamin C tersebut dapat mencukupi 187 persen total kebutuhan harian tubuh. 

Menurut studi, tambahan asupan vitamin C mulai 100 miligram hingga 1.000 miligram dapat membantu mencegah melonjaknya kolesterol jahat (LDL) dalam darah sekaligus bisa menurunkan kadar kolesterol total. 

3. Memasok serat larut 

National Institutes of Health AS menyebut, penderita kolesterol tinggi perlu mengonsumsi 10 hingga 25 gram serat larut setiap hari untuk mengontrol kadar kolesterolnya. Serat larut dapat menyerap air di saluran pencernaan dan membentuk massa kental. 

Asam empedu, yang mengandung kolesterol, dapat terserap massa kental dan mendorongnya keluar dari tubuh dalam bentuk kotoran. Lemon termasuk makanan penurun kolesterol karena buahnya bisa memasok sumber serat larut.  

4. Kaya akan Flovanoid

Tak hanya perasan air dan buah lemon yang dapat menurunkan kolesterol. Studi yang diterbitkan di European Journal of Nutrition pada 2002 menyebut, kulit lemon efektif menurunkan kolesterol tinggi pada objek penelitian binatang. 

Kandungan senyawa antioksidan flavonoid dalam kulit lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, studi ini masih terbatas pada hewan dan membutuhkan riset lebih lanjut pada manusia. 

Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk lemon

Melansir SF Gate, ada beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami dengan jeruk lemon. Dimulai dari yang paling praktis, Anda bisa langsung mengonsumsi perasan lemon yang dicampurkan air. 

Anda minum saat pagi atau siang hari. Jika rasa lemon terlalu asam, Anda juga bisa minum air perasan jeruk lemon yang ditambah madu, beberapa helai daun mint, atau jahe segar. 

Selain menambah cita rasa lebih nikmat, minuman ini juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pilihan lain mengonsumsi lemon bisa dengan menambahkan perasan jeruk lemon segar ke salad, teh, atau menu sajian lainnya. 

Namun, ada baiknya Anda mengonsumsi lemon dari buah segar, bukan perasan lemon yang sudah ditambah gula atau perasa lainnya. Terakhir, Anda disarankan mengonsumsi perasan lemon bersama bawang putih. 

Studi pada 2016 lalu membuktikan, penderita kolesterol tinggi yang minum satu sendok perasan jeruk lemon dan 20 gram bawang putih setiap hari terbukti kadar kolesterol darah dan tekanan darahnya lebih terkontrol. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi lemon untuk menurunkan kolesterol, ada baiknya Anda lebih dulu berkonsultasi dengan dokter yang menangani.(Mahardini Nur Afifah) 

Baca Juga: Ini manfaat ampas kopi untuk kesehatan tubuh dan lingkungan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami dengan Jeruk Lemon", 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru