kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO Peringatkan Obat Diabetes Palsu, Cek Bahan Alami untuk Menurunkan Gula Darah


Kamis, 27 Juni 2024 / 14:19 WIB
WHO Peringatkan Obat Diabetes Palsu, Cek Bahan Alami untuk Menurunkan Gula Darah
ILUSTRASI. WHO) mengeluarkan peringatan global mengenai peredaran obat diabetes semaglutide dengan merek Ozempic palsu


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Diabetes Tanpa Beli Di Apotik- Jakarta. Waspada obat diabetes palsu. Selain dengan obat dokter, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat diabetes atau menurunkan gula darah.

Diberitakan Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan global mengenai peredaran obat diabetes semaglutide dengan merek Ozempic palsu. Ozempic adalah obat antidiabetes untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Belakangan, popularitas jenis obat ini meningkat karena dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita diabetes. Namun, WHO memperingatkan, konsumsi Ozempic atau obat-obatan palsu lain dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Pada Rabu (19/6/2024), badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini melaporkan temuan Ozempic palsu dalam rantai pasokan di Brasil, Inggris, dan Amerika Serikat pada akhir 2023. Asisten Direktur Jenderal WHO Yukiko Nakatani mengimbau para profesional kesehatan, otoritas kesehatan, serta masyarakat untuk mewaspadai obat-obatan palsu.

"Kami mengimbau para pemangku kepentingan untuk menghentikan penggunaan obat-obatan yang mencurigakan dan melaporkannya kepada otoritas terkait," ujar Nakatani, dilansir dari IFL Science, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Bisa ke Ginjal dan Mata, Ini 5 Komplikasi Diabetes Melitus dan Cara Mencegahnya

Ozempic untuk Menurunkan Berat Badan

Laporan obat diabetes palsu sejak 2022 Menurut WHO, laporan produk semaglutide palsu di seluruh dunia terpantau mengalami peningkatan sejak 2022. Kendati demikian, ini pertama kalinya organisasi tersebut mengeluarkan pemberitahuan tentang Ozempic palsu.

Temuan produk palsu dilaporkan di tengah peningkatan permintaan Ozempic yang menjadi obat untuk penyakit diabetes tipe 2. Bahan aktif dalam Ozempic, yakni semaglutide, membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol kadar gula dalam darahnya. Semaglutide bekerja dengan meniru hormon alami bernama glukagon-like peptide-1 (GLP-1), yang membantu memperlambat pencernaan dan mengatur insulin.

Dilansir dari BBC, Jumat (21/6/2024), obat ini juga memberi sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi keinginan makan. Sayangnya, orang-orang tanpa diabetes telah menggunakan obat ini sebagai obat penurun berat badan.

Hal tersebut tidak hanya mengundang efek samping berbahaya, tetapi juga memicu kelangkaan obat bagi penderita diabetes tipe 2. Imbasnya, pasar obat-obatan palsu pun berkembang untuk mengisi tingginya keinginan pasar.

Dampak bahaya konsumsi Ozempic palsu

WHO memperingatkan, beberapa obat Ozempic palsu dalam bentuk suntik mungkin tidak mengandung semaglutide sama sekali. Bahkan, obat-obatan palsu tersebut mungkin mengandung bahan obat lain, seperti insulin, yang menyebabkan efek tidak dapat diprediksi.

"Produk-produk palsu ini dapat menimbulkan dampak berbahaya bagi kesehatan masyarakat," kata WHO dalam pernyataannya, Rabu.

Regulator obat-obatan Inggris, Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA), telah menyita sejumlah Ozempic palsu pada Oktober 2023. Produk-produk tersebut dilaporkan datang dari pemasok sah di Austria dan Jerman, serta tampaknya memiliki kemasan asli.

Kepala Keamanan MHRA Alison Cave mengatakan, membeli semaglutide dari platform online secara ilegal meningkatkan risiko memperoleh produk palsu. Menurut dia, menyuntikkan produk semacam itu pun dapat menimbulkan efek samping berbahaya. "Siapa pun yang mencurigai bahwa mereka mengalami reaksi merugikan terhadap semaglutide atau produk obat lainnya, khawatir tentang keamanan atau efektivitasnya, atau mencurigai produk tersebut bukan produk asli, harus melaporkannya," kata dia.

Bahan alami obat diabetes 

Selain obat dokter, ada bahan alami yang bisa menjadi obat diabetes yang aman untuk ginjal. Dilansir dari Momsmoney.id, laman The Health Site dan Healthline menyebutkan beberapa makanan yang bisa menjadi obat diabetes yang ampuh, yakni:

1. Buah naga

Obat diabetes dari bahan alami yang pertama adalah buah naga. Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes. 

2. Mengkudu

Obat diabetes dari bahan alami yang kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid.

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.

3. Pare

Obat diabetes dari bahan alami yang ketiga adalah pare. Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak.

4. Ikan tuna

Obat diabetes dari bahan alami yang keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya.

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

5. Jahe

Obat diabetes dari bahan alami yang kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba.

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Fenomena Fajar yang Menyerang Penderita Diabetes

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×