kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai Penyebab Asam Urat Di Jempol Kaki, Cek Obat Herbal Asam Urat


Selasa, 31 Oktober 2023 / 13:39 WIB
Waspadai Penyebab Asam Urat Di Jempol Kaki, Cek Obat Herbal Asam Urat
ILUSTRASI. Waspadai Penyebab Asam Urat Di Jempol Kaki, Cek Obat Herbal Asam Urat


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Obat Herbal Asam Urat - Jakarta. Waspadai penyebab asam urat di jempol kaki. Cek juga obat herbal asam urat.

Diberitakan Kompas.com, serangan asam urat paling sering terjadi di pangkal atau ujung jempol kaki. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri intens dan pembengkakan sehingga mengurangi kemampuan gerak seseorang.

Ada lima penyebab serangan gout atau asam urat di jempol kaki, yaitu:

  • Penumpukan asam urat berlebihan di area jempol kaki
  • Pola makan tinggi purin
  • Kelebihan berat badan
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Akibat kondisi medis seperti diabetes, sakit ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Merontokkan Asam Urat hingga Kolesterol, Sederet Manfaat Daun Mangga

Berikut penjelasan penyebab asam urat di jempol kaki menurut CDC:

  • Penumpukan asam urat di jempol kaki

Asam urat di jempol kaki disebabkan karena penumpukan kristal asam urat yang berlebihan di persendian dan jaringan lunak pada ibu jari kaki. Menurut American College of Rheumatology (ACR), kadar asam urat pada orang dewasa sebaiknya berada di bawah 6,0 mg/dL. Jika kadar asam urat terlampau tinggi dan tertimbun di ibu jari kaki, maka bisa memicu serangan gout di jempol.

  • Konsumsi makanan tinggi purin

Dilansir dari Healthline, makanan yang kita konsumsi terutama dengan kandungan purin yang tinggi dapat mengakibatkan lonjakan asam urat dalam darah. Contoh makanan tinggi purin yang bisa menjadi pemicu asam urat di ibu jari kaki yaitu aneka jeroan, daging merah, ikan laut, es krim, keju, karbohidrat olahan seperti roti, dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penumpukan kristal asam urat di jempol kaki. Untuk menghindari obesitas, Anda sebaiknya menjaga berat badan ideal dengan rutin berolahraga, diet sehat, dan berhenti merokok.

  • Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat diuretik dan aspirin dosis rendah sering dikaitkan dengan risiko kenaikan kadar asam urat yang dapat memicu serangan gout di jempol kaki. Untuk diketahui, obat diuretik yang dikenal juga sebagai pil air adalah obat yang dirancang untuk mengurangi penumpukan cairan tubuh melalui urin.

Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sementara itu, aspirin adalah obat untuk meredakan nyeri, peredangan, dan demam.

  • Penyakit atau kondisi medis tertentu

Penyebab asam urat di ibu jari kaki berikutnya adalah kondisi medis atau penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal kronis, dan hipertensi. Penjelasan di atas memaparkan beberapa penyebab asam urat di jempol kaki yang sebaiknya Anda waspadai.

Selain itu perlu diketahui bahwa serangan gout di ibu jari kaki dan di persendian lainnya lebih sering menyerang pria, dibandingkan wanita. Serangan gout pada wanita biasanya baru terjadi setelah menopause atau henti haid.

Obat herbal asam urat

Asam urat menimbulkan rasa nyeri di bagian sendi. Untuk mengatasi hal itu, dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri akibat asam urat.

Selain obat dokter, sejumlah bahan herbal bisa menjadi obat alternatif mengatasi asam urat, Laman E Times menyebutkan, makanan berserat mampu menyerap asam urat lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Ada banyak pilihan makanan berserat yang bisa Anda coba. Mulai dari oatmeal, brokoli, hingga labu.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, selain makanan berserat, berikut sejumlah obat herbal asam urat yang bisa Anda konsumsi secara rutin:

Buah beri

Obat herbal asam urat yang pertama adalah buah beri. Kandungan yang terdapat dalam buah beri bisa mengurangi jumlah asam urat, lo. Selain itu, buah beri juga dapat mencegah pengkristalan asam urat di bagian sendi sehingga risiko radang sendi dapat berkurang.

Cokelat hitam

Obat herbal asam urat yang kedua adalah cokelat hitam. Cokelat hitam bisa berfungsi sebagai obat asam urat. Selain mengurangi jumlah asam urat, masih ada manfaat cokelat hitam lain, yaitu mengendurkan otot paru-paru. Dengan begitu, batuk dan masalah pernapasan yang lain dapat Anda atasi.

Tomat

Obat herbal asam urat yang ketiga adalah buah tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis buah itu supaya jumlah asam urat dalam tubuh bisa berkurang.

Ceri

Obat herbal asam urat yang keempat adalah buah ceri. Buah ceri adalah bahan alami berikutnya yang disarankan E Times untuk mengatasi risiko asam urat tinggi.

Tak hanya kaya akan antiinflamasi, buah ceri juga mengandung banyak serat. Artinya, jumlah asam urat dalam darah bisa menurun.

Teh hijau

Obat herbal asam urat yang kelima adalah teh hijau. Katekin, salah satu jenis antioksidan yang dapat Anda temukan di teh hijau bisa menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh.

Cobalah untuk minum teh hijau secara teratur supaya manfaat itu bisa Anda rasakan.

Itulah berbagai penyebab asam urat di jempol kaki serta obat herbal asam urat yang bisa Anda coba. Ingat, obat herbal asam urat ini bukan untuk menggantikan obat dari dokter. Anda harus tetap konsumsi obat dokter sesuai anjuran agar asam urat cepat teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×