Waspadai makanan penyebab kembung berikut

Senin, 11 Mei 2020 | 13:55 WIB Sumber: Kompas.com
Waspadai makanan penyebab kembung berikut

ILUSTRASI. Ilustrasi Sakit Perut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kembung saat berpuasa seringkali terjadi pada sebagian orang. Alasannya banyak, seperti, makan yang terlalu cepat, langsung berbuka dengan makan besar dan bervariasi, menelan udara bersamaan dengan makanan yang dimakan, tidak cukup mengunyah, makan makanan yang digoreng dan asin, dan menikmati permen.

Melambatnya metabolisme karena tidak makan dalam waktu lama, dan stres yang disebabkan oleh hormon karena rasa lapar, adalah faktor tambahan. Mungkinkah ada makanan sehat yang menyebabkan kembung? Jawabannya, ada.

Kacang (merah, kedelai, dan hijau) dan buncis adalah sumber kalsium, vitamin B, Magnesium, Folat, dan Seng yang baik. Makanan tersebut juga tinggi protein, makan setengah cangkir kacang yang dimasak setara dengan makan 60 gram protein tanpa lemak.

Baca Juga: Catat! Ini manfaat wedang jahe untuk kesehatan Anda

Penuh serat, setiap satu porsi yakni 1/2 gelas kacang kering yang dimasak memiliki 4 hingga 10 gram serat. Selain itu juga meningkatkan kadar kolesterol dan melindungi jantung dan usus, dan kaya akan antioksidan, rendah lemak, dan memiliki indeks glikemik rendah, membantu mengendalikan gula darah.

Dua faktor utama penyebab kembung yang ditemukan dalam kategori makanan tersebut adalah, yakni, oligosakarida dan serat. Oligosakarida adalah jenis gula yang tidak dapat dicerna oleh usus halus sepenuhnya. Mereka langsung menuju usus besar tempat bakteri memecahnya.

Baca Juga: Berkaca dari Didi Kempot, berikut 8 tanda awal serangan jantung

Proses ini menyebabkan fermentasi dan produksi gas. Prinsip yang sama berlaku untuk makanan lain yang masuk ke usus besar tanpa diserap di usus kecil; mereka akan menghasilkan gas. Beberapa contoh di antaranya bawang putih, bawang bombay, kacang polong dan kubis, belum lagi sorbitol, ditambahkan ke banyak jenis makanan sebagai pemanis.

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru