Waspadai Faktor Risiko Penyebab Asam Urat Naik dan Obat Alami Menurunkan Asam Urat

Jumat, 09 September 2022 | 07:09 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Waspadai Faktor Risiko Penyebab Asam Urat Naik dan Obat Alami Menurunkan Asam Urat

ILUSTRASI. Waspadai Faktor Risiko Penyebab Asam Urat Naik dan Obat Alami Menurunkan Asam Urat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali faktor risiko penyebab asam urat. Pahami pula cara menurunkan asam urat dengan obat alami.

Mengenali faktor risiko penyebab asam urat penting untuk meminimalkan potensi kenaikan asam urat. Dengan demikian, Anda bisa mencegah risiko asam urat sejak dini.

Namun jika asam urat sudah naik, Anda tidak perlu khawatir. Ada berbagai cara menurunkan asam urat dengan obat alami.

Hanya saja, obat alami menurunkan asam urat ini hanyalah alternatif untuk pengobatan dokter. Anda tetap harus mematuhi instruksi dokter untuk menurunkan asam urat.

Seperti diketahui, penyebab asam urat yang paling terkenal adalah makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Nah selain itu, ada faktor risiko penyebab asam urat naik.

Diberitakan Kompas.com, asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan peradangan serta memengaruhi jaringan lunak di sekitarnya. Beberapa gejala asam urat dapat ditandai dengan kondisi sensasi panas di area persendian, pembengkakan di area sendi, nyeri sendi, kulit memerah hingga rasa sakit yang cukup intens.

Dalam banyak kasus, asam urat menyerang beberapa bagian tubuh seperti jempol kaki, tetapi dapat memengaruhi area sendi lain seperti di pergelangan kaki, lutut, tangan hingga jari-jari.

Baca Juga: Simak 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Perlu Anda Ketahui

Asam urat pada umumnya dapat memengaruhi persendian dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, ini merupakan penyakit degeneratif yang bisa menyerang seiring bertambahnya usia.

Nah, berikut faktor risiko penyebab asam urat naik yang dirangkum Kompas.com dari Medical Daily:

1. Jenis kelamin, pria tiga kali lebih berisiko

Faktor risiko pertama penyebab asam urat naik adalah jenis kelamin laki-laki. Kasus asam urat paling umum terjadi pada pria. Bahkan beberapa penelitian risiko tersebut tiga kali lebih tinggi daripada wanita.

Pria cenderung mengembangkan penyakit tersebut antara usia 30-45 tahun. Sedangkan wanita berisiko di usia yang lebih tua pada 55-70 tahun. Mengapa pria tiga kali berisiko tinggi terkena asam urat?

Faktor tersebut dapat dijelaskan karena tubuh wanita secara alami memproduksi hormon estrogen. Hormon tersebut lantas bertindak sebagai "pelindung" pada kaum Hawa, yang mana kadar asam urat secara alami dapat terbuang melalui urine di usia produktif.

Namun, ketika fase menopause, produksi hormon estrogen berkurang secara perlahan yang kemudian dapat menimbulkan risiko asam urat di usia lanjut.

2. Kondisi medis tertentu

Faktor risiko keddua penyebab asam urat naik adalah kondisi medis tertentu. Berbagai kondisi medis pada tubuh seseorang tampaknya berisiko terkena asam urat. Seperti pasien gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, orang dengan sindrom metabolik seperti resistensi insulin, penyakit ginjal hingga anemia.

3. Riwayat keluarga

Faktor risiko ketiga penyebab asam urat naik adalah riwayat keluarga. Bila ada riwayat keluarga memiliki asam urat, maka secara tidak langsung keturunannya juga berisiko tinggi mengembangkan penyakit yang sama.

Dalam hal ini, faktor genetik memengaruhi sistem metabolisme dalam membuang kadar asam urat di dalam tubuh melalui urine. Sehingga kerabat dekat juga memiliki risiko yang sama, meski sebenarnya risiko dapat diminimalisir dengan perubahan pada pola makan dan gaya hidup.

4. Efek samping obat-obatan tertentu

Faktor risiko keempat penyebab asam urat naik adalah obat-obatan tertentu. Beberapa obat memiliki efek samping yang kemungkinan meningkatkan risiko asam urat. Misalnya obat untuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi yang bersifat diuretik dan beta-blocker.

Selain itu, beberapa obat seperti aspirin, siklosporin, obat kanker, obat autoimun, niacin (obat penurun kolesterol) juga memengaruhi perkembangan risiko terkait asam urat.

5. Akibat gaya hidup

Faktor risiko kelima penyebab asam urat naik adalah gaya hidup. Gaya hidup memainkan peran penting dalam risiko penyakit asam urat serta penyakit lainnya. Misalnya ketika ada orang tidak menjaga asupan makanan yang ternyata mengandung purin tinggi.

Tentu risiko terkena asam urat juga akan lebih tinggi. Kemudian orang yang terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga memiliki risiko yang sama.

Cara menurunkan asam urat dengan obat alami.

Konsumsi obat untuk menurunkan asam urat perlu Anda lakukan. Selain obat apotek, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat asam urat.

Dilansir dari pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, berikut cara menurunkan asam urat dengan obat alami:

Makanan Rendah Purin

Obat alami pertama untuk menurunkan asam urat adalah dengan cara konsumsi makanan rendah purin. Very Well Health (verywellhealth.com) mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh. Maka dari itu, Anda perlu memilih makanan-makanan yang mengandung sedikit purin supaya asam urat lebih terkontrol.

Baca Juga: Yuk, konsumi 4 makanan untuk penderita asam urat ini

Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Obat alami kedua untuk menurunkan asam urat adalah dengan cara konsumsi produk olahan susu rendah lemak. Produk olahan susu rendah lemak termasuk salah satu obat asam urat yang aman untuk lambung, lo. Jenis makanan itu mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan, apalagi di bagian persendian.

Buah Ceri

Obat alami ketiga untuk menurunkan asam urat adalah dengan cara konsumsi buah ceri. Buah ceri termasuk bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai sebagai obat asam urat yang aman untuk lambung. Antioksidan yang terdapat dalam jenis buah itu berperan sebagai antiinflamasi sehingga efek jumlah asam urat yang terlalu banyak dapat teratasi dengan baik.

Mengutip dari Very Well Health, belum ada dosis pasti yang bisa Anda jadikan patikan. Satu penelitian mengatakan bahwa Anda perlu mengonsumsi ½ gelas buah ceri per hari. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa Anda perlu mengonsumsi satu gelas buah ceri per hari.

Baca Juga: Tanpa obat! Ini 5 cara mudah menurunkan asam urat tinggi secara alami

Sayur

Obat keempat pertama untuk menurunkan asam urat adalah dengan cara konsumsi sayur. Beberapa jenis sayur memang memiliki banyak purin.

Namun, purin yang terkandung dalam sayur diolah tubuh secara berbeda sehingga tak menambah jumlah asam urat. Sayur merupakan bahan alami yang mengandung segudang vitamin dan mineral sehingga baik jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Air Putih

Obat alami kelima untuk menurunkan asam urat adalah dengan cara konsumsi air putih yang cukup. Semakin banyak air putih yang Anda minum, semakin banyak pula asam urat yang ikut keluar bersama air kencing. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Itulah beberapa faktor risiko penyebab asam urat naik yang harus diwaspadai, serta obat alami sebagai cara menurunkan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru