CLOSE [X]

Waspadai daftar makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening ini

Sabtu, 04 Desember 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai daftar makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening ini

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Mewaspadai makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening adalah salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda tak semakin terganggu.

Sebenarnya, bukan berarti Anda perlu benar-benar tidak mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini.

Namun, Anda perlu memerhatikan porsi yang Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, bukan tak mungkin kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terganggu.

Selain mengurangi porsinya, akan lebih baik jika Anda menggantinya dengan makanan lain yang lebih bergizi. Nah, untuk mendapat saran menu sehat yang sesuai dengan kondisi Anda, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter.

Daging olahan

Mengutip dari Lymphoma Canada, daging olahan tak baik untuk kesehatan tubuh Anda karena mengandung banyak nitrat. Tidak hanya mengganggu kondisi kelenjar getah bening, daging olahan juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Bisa jadi obat kelenjar getah bening, coba 4 makanan ini

Lemak

Makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening berikutnya adalah makanan-makanan yang mengandung banyak lemak tak sehat, contohnya, lemak jenuh dan lemak trans.

Beberapa jenis makanan yang mengandung jenis lemak itu adalah keripik kentang, keju, butter, kue panggang, dan gorengan.

Selain membuat risiko pembengkakan kelenjar getah bening meningkat, jenis makanan yang mengandung banyak lemak tak sehat juga bisa menambah berat badan Anda. Ketika hal itu terjadi, risiko penyakit lain pun ikut bertambah.

Salah satu makanan penyebab kelenjar getah bening adalah gorengan.

Daging merah

Daging merah jadi makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening berikutnya yang perlu Anda waspadai. Saat diolah di suhu tunggi, ada banyak mutagen dan karsinogen yang terproduksi dalam daging merah. Nah, hal itulah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Lymphoma Canada merekomendasikan Anda untuk mengurangi konsumsi daging merah, misalnya hanya mengonsumsinya satu kali dalam seminggu. Alih-alih menggorengnya, Anda bisa mengolah daging merah dengan cara yang lebih sehat, misalnya, dengan merebusnya.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan ciri-ciri kelenjar getah bening

Alkohol

Supaya terhindar dari pembengkakan kelenjar getah bening dan risiko penyakit yang lain, cobalah untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi jenis minuman itu pun mampu menambah berat badan, mengganggu keseimbangan hormon, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru