kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa jadi obat kelenjar getah bening, coba 4 makanan ini


Senin, 25 Oktober 2021 / 12:34 WIB
Bisa jadi obat kelenjar getah bening, coba 4 makanan ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian tubuh yang kesehatannya penting untuk dijaga. Saat bermasalah, usahakan untuk mengonsumsi obat kelenjar getah bening secara teratur. Selain dari saran dokter, memanfaatkan bahan alami pun bisa jadi opsi.

Melansir Lymphoma Action (lymphoma-action.org.uk), mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat menurunkan risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Tidak berhenti sampai di situ, beberapa jenis makanan juga bisa mengatasi efek kemoterapi pada tubuh.

Supaya kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi, cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Pastikan Anda memasukkan sumber karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Sumber Karbohidrat

Karbohidrat penting untuk pencernaan dan jadi sumber energi tubuh Anda. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi karbohidrat secara rutin. Ada banyak sumber karbohidrat yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti nasi, oatmeal, kentang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening

Sumber Vitamin dan Mineral

Obat kelenjar getah bening bisa dari sumber vitamin dan mineral.

Obat kelenjar getah bening berikutnya yang perlu Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Tak hanya baik untuk sistem imun tubuh, vitamin dan mineral juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi buah dan sayur. Lymphoma Action merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi minimal 80 g buah dan sayur per hari. Tentu saja angka tersebut bisa berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber Protein

Untuk lebih mempercepat proses penyembuhan, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang jadi sumber protein. Ikan, telur, susu, keju, yogurt, dan produk olahan susu yang lain bisa jadi sumber protein yang baik.

Sumber protein, seperti daging merah, juga bisa Anda jadikan obat kelenjar getah bening. Tak hanya itu, daging merah juga dipenuhi dengan mineral yang lain, misalnya zinc, zat besi, dan lain sebagainya. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi daging merah terlalu banyak, ya.

Baca Juga: Sering Radang Tenggorokan? Kenali 5 Penyebabnya

Sumber Serat

Buah dan sayur yang kaya serat bisa jadi obat kelenjar getah bening.

Kesehatan tubuh Anda juga bisa terjaga dengan rutin mengonsumsi sumber serat. Sereal, kentang, sayur, dan buah adalah beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat. Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mengonsumsi 30 g serat per hari.

Selanjutnya: Kanker kelenjar getah bening, apa penyebab dan gejalanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×