Waspada! Virus corona paling mudah menular pada kondisi ini

Senin, 05 Juli 2021 | 23:30 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Waspada! Virus corona paling mudah menular pada kondisi ini

KONTAN.CO.ID - Virus corona baru paling mudah menular pada kondisi ruangan tertutup, pertemuan tatap muka langsung lebih dari 15 menit, serta berinteraksi jarak dekat.

Atau, kondisi seperti berada di keramaian, melakukan aktivitas yang membuka risiko penyebaran percikan droplet, misalnya, bernyanyi, berbicara, dan tertawa.

Serta, situasi yang membuat Anda tidak memakai masker semisal saat makan bersama.

Satu kondisi tersebut sudah meningkatkan risiko penularan. Apalagi, kalau merupakan kombinasi dari kondisi-kondisi itu.

"Maka, penggunaan masker dengan benar dan konsisten adalah protokol kesehatan paling minimal yang perlu diterapkan semua orang saat ini, tanpa terkecuali," kata juru bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro, Sabtu (3/7), dikutip dari Covid19.go.id.

Baca Juga: Aksi nyata kecil ini bisa bantu kendalikan penularan COVID-19

Dia menyebutkan, jenis masker yang lebih baik dalam melindungi dari virus adalah masker bedah sekali pakai dan lebih baik lagi masker N95. 

Masker dua lapis

Hanya, dr Reisa bilang, untuk saat ini penggunaan masker sekali pakai sebanyak dua lapis merupakan pilihan yang terbaik. Tujuannya, menurunkan risiko droplet atau percikan air masuk ke rongga mulut dan hidung.

Caranya, “Pertama bersihkan tangan terlebih dahulu, gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama. Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung," ujarnya. 

Kemudian, lapisi dengan masker kain yang terdiri dari tiga lapis kain.

Dr Reisa menambahkan, pakailah masker kain yang ukurannya pas. Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala. 

Baca Juga: Jadi syarat perjalanan, begini cara unduh sertifikasi vaksinasi COVID-19

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru