Penyakit Menular

Waspada! Virus corona mirip dengan virus flu, lho

Selasa, 21 Juli 2020 | 10:18 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Waspada! Virus corona mirip dengan virus flu, lho

ILUSTRASI. Ada persamaan yang dimiliki oleh virus corona dan virus flu. REUTERS/Akhtar Soomro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerja sama dari semua pihak untuk memutus rantai penyebaran virus corona masih terus dilakukan. Tak hanya pemerintah, peran masyarakat juga penting agar kasus corona mengalami penurunan.

Selain disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga perlu memiliki pengetahuan terkait virus corona.

Persamaan Virus Corona

Melalui laman resminya (who.int), WHO menjelaskan persamaan yang dimiliki virus corona dan virus flu. WHO mengatakan bahwa virus corona dan virus flu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan.

Setiap orang yang terserang virus ini menunjukkan gejala yang berbeda, mulai dari tak bergejala sama sekali hingga gejala yang parah.

Persamaan kedua yang dimiliki virus corona dengan virus flu adalah cara penyebarannya, yaitu dengan kontak langsung dan droplets. Untuk mencegah penyebaran virus-virus tersebut, maka penting untuk menjaga kebersihan dan etika (menutup mulut saat batuk menggunakan siku).

Baca Juga: Tips tetap aman dari penularan virus corona selama bekerja

Perbedaan Virus Corona

Tak hanya memiliki persamaan, virus corona dan virus flu juga memiliki perbedaan. WHO menyebutkan bahwa kunci perbedaan antara kedua virus itu terletak pada kecepatan penyebaran. 

Virus flu memiliki masa inkubasi dan waktu antara kasus berurutan yang lebih pendek jika dibandingkan dengan virus corona. Kasus berurutan virus flu adalah 3 hari, sementara virus corona adalah 5 – 6 hari. Hal itu menunjukkan bahwa virus flu menyebar lebih cepat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru