kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, sering buang air kecil bisa jadi tanda kondisi kesehatan terganggu


Kamis, 18 Februari 2021 / 16:32 WIB
Waspada, sering buang air kecil bisa jadi tanda kondisi kesehatan terganggu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, sering buang air kecil juga bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang terganggu, lo. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati jika mengalaminya. Apalagi bagi wanita yang mengalami gejala lain yang mengganggu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena buang air kecil yang terlalu sering juga bisa disebabkan hal-hal yang tidak terlalu parah. Misalnya, karena Anda minum air putih terlalu banyak. Hal itu menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh.

Maka dari itu, usahakan untuk minum air putih sesuai dengan kondisi dan aktivitas yang sedang Anda lakukan. Jika buang air kecil terus Anda lakukan meski tidak minum banyak cairan, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Alkohol dan Kafein

Mengutip dari Health Partners (healthpartners.com), mengonsumsi alkohol dan kafein bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat. Hal itu juga bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi minuman diuretik lain, seperti minuman dengan pemanis buatan.

Frekuensi buang air kecil juga dapat meningkat setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman asam dan mengonsumsi jenis obat tertentu. Jenis makanan asam yang dimaksud seperti lemon atau tomat. Sedangkan jenis obat yang membuat Anda terus buang air kecil adalah pengobatan hipertensi.

Baca Juga: Simak ragam penyebab sakit perut sebelah kiri, jangan anggap enteng!

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah kondisi di mana bakteri menyerang saluran kencing Anda. Selain menyebabkan sering buang air kecil, infeksi saluran kemih dapat menimbulkan sensasi terbakar saat Anda melakukannya dan urin yang keluar memiliki warna lebih gelap.

Batu Ginjal

Masalah kesehatan lain yang membuat Anda ingin buang air kecil secara terus-menerus adalah batu ginjal. Endapan mineral yang menumpuk di ginjal tak hanya meningkatkan frekuensi buang air kecil, tapi juga menimbulkan rasa sakit di bagian perut.

Baca Juga: Mengalami sakit perut sebelah kanan? Ini 5 penyebabnya

Kehamilan

Hamil bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Health Partners menyebutkan bahwa kehamilan dapat membuat wanita sering buang air kecil. Hal itu disebabkan karena perkembangan rahim menekan kandung kemih. Namun, Anda tak perlu khawatir karena frekuensi buang air kecil bisa kembali normal setelah Anda melahirkan.

Stres

Salah satu tanda seseorang mengalami stres atau kecemasan berlebih adalah frekuensi buang air kecil meningkat. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, seperti melakukan hobi, supaya Anda tidak sering buang air kecil. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jika memang diperlukan.

Selanjutnya: Kenali, ini tanda-tanda kucing mengalami stres atau depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×