kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak ragam penyebab sakit perut sebelah kiri, jangan anggap enteng!


Rabu, 17 Februari 2021 / 17:32 WIB
Simak ragam penyebab sakit perut sebelah kiri, jangan anggap enteng!


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Mulai dari gangguan pada ginjal, penumpukan gas, kista ovarium, dan faktor lain yang lebih parah. Apa pun penyebabnya, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai.

Salah satu faktor umum yang dapat menimbulkan sakit perut adalah gangguan pencernaan. Kondisi tersebut terjadi karena dipicu faktor lain, seperti gangguan kecemasan, makanan yang Anda konsumsi, kehamilan, atau faktor pemicu lainnya.

Tidak hanya membuat sakit perut, gangguan pencernaan juga dapat menyebabkan perut kembung dan muncul sensasi terbakar di usus. Tidak hanya gangguan pencernaan, masih banyak kondisi lain yang menyebabkan sakit perut terjadi.

Kista Ovarium

Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), Anda bisa merasa sakit perut akibat kista ovarium. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di ovarium yang letaknya di perut bagian bawah. Anda tidak mengalami gejala apa pun saat kondisinya tidak terlalu parah.

Namun, saat kemunculan kista ovarium lebih serius, kondisi itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Misalnya, pusing, demam, dan pernapasan jadi lebih cepat. Kista ovarium juga tak hanya menimbulkan sakit perut, tapi bisa menyebabkan sakit panggul.

Baca Juga: Anda menderita asam lambung? Ini buah yang baik dikonsumsi penderita asam lambung

Batu Ginjal

Batu ginjal bisa jadi penyebab sakit perut sebelah kiri.

Terbentuknya batu ginjal tidak hanya menimbulkan sakit perut sebelah kiri, tapi juga membuat penderitanya sering buang air kecil dan muncul sensasi terbakar saat mengeluarkan urin. Untuk menghindari batu ginjal, cobalah untuk minum air putih dan menghindari makanan yang terlalu asin.

Kolitis

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh kolitis, lo. Kolitis adalah kondisi di mana usus besar mengalami peradangan. Kolitis dapat terjadi akibat infeksi, keracunan makanan, atau reaksi imun di usus besar yang abnormal.

Baca Juga: Kenali macam-macam penyebab sakit perut

Penumpukan Gas

Everyday Health menyebutkan bahwa jumlah gas yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menyebabkan sakit perut. Umumnya, seseorang mengeluarkan gas sebanyak 14 hingga 23 kali dalam sehari. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar jumlah gas dalam tubuh tak terlalu banyak.

Pertama, hindari konsumsi jenis makanan tertentu. Bakteri dalam usus memerlukan energi yang lebih besar untuk mencerna beberapa jenis makanan. Hal itulah yang membuat jumlah gas bertambah. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam tempo yang lebih lambat.

Selanjutnya: 5 Penyebab sendawa yang perlu Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×