Kesehatan Umum

Waspada! Inilah 5 gejala batu ginjal yang bisa terjadi

Jumat, 09 April 2021 | 13:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! Inilah 5 gejala batu ginjal yang bisa terjadi

ILUSTRASI. Sering ingin buang air kecil termasuk salah satu gejala batu ginjal. KONTAN/Daniel Prabowo.

KONTAN.CO.ID - Batu ginjal terbentuk karena penumpukan mineral, misalnya, kalsium. Tentu saja, Anda perlu memerhatikan gejala batu ginjal. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan secara cepat dan tepat.

Ada banyak faktor pemicu terbentuknya batu ginjal. Salah satunya adalah dehidrasi sehingga terlalu banyak mineral yang berada dalam urin. Maka dari itu, cobalah untuk minum air putih sesuai dengan kebutuhan Anda supaya Anda tidak dehidrasi.

Setiap orang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang berbeda-beda. Umumnya, batu ginjal yang masih berukuran kecil tak menimbulkan tanda apa pun. Seiring berjalannya waktu, ukuran batu ginjal akan membesar dan menimbulkan banyak masalah.

Keinginan buang air kecil meningkat

Mengutip dari Healthline, ada batu ginjal membuat keinginan buang air kecil meningkat. Umumnya, kondisi itu terjadi saat batu ginjal berpindah ke saluran kemih bagian bawah.

Sayangnya, tidak ada terlalu banyak urin yang Anda keluarkan meski Anda sering ingin buang air kecil.

Baca Juga: Pantang disepelekan! Ini 10 gejala infeksi ginjal yang perlu diketahui

Muncul sensasi terbakar

Gejala batu ginjal lainnya adalah muncul sensasi terbakar saat Anda buang air kecil. Banyak orang yang menyangka bahwa kondisi itu adalah tanda infeksi saluran kemih.

Namun, bisa saja sensasi terbakar muncul karena batu ginjal berada di antara kandung kemih dan uretra.

Urin bercampur darah

Tak sedikit penderita batu ginjal yang mengeluarkan urin bercampur dengan darah. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi. Apalagi, jika hal tersebut dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah.

Demam

Healthline menyebutkan, demam adalah salah satu reaksi tubuh terhadap adanya batu ginjal. Batu ginjal menyebabkan infeksi sehingga fungsi ginjal dan saluran kemih yang lain mengalami gangguan.

Anda perlu segera mengatasi hal tersebut, jika terlambat ditangani, tentu saja kondisi tubuh Anda akan semakin terganggu.

Baca Juga: 4 Penyebab batu ginjal yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Sakit punggung

Sakit punggung termasuk salah satu gejala batu ginjal yang bisa Anda alami.

Gejala batu ginjal berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah sakit punggung dan di bagian perut. Biasanya, rasa sakit muncul saat batu ginjal berpindah ke saluran yang lebih sempit sehingga mengakibatkan penyumbatan.

Perpindahan batu ginjal menyebabkan rasa sakit yang berpindah pula. Selain di punggung dan perut, rasa sakit juga bisa menjalar ke bagian selangkangan, tergantung dari posisi batu ginjal.

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Rekomendasi 4 obat batu ginjal dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru