kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Penyebab batu ginjal yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?


Jumat, 26 Maret 2021 / 16:26 WIB
4 Penyebab batu ginjal yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal terbentuk karena ada penumpukan mineral dalam air kencing Anda. Tentu saja faktor-faktor penyebab perlu Anda waspadai supaya kondisi kesehatan tak semakin parah. Dengan menghindari penyebab-penyebabnya, kondisi kesehatan Anda akan terjaga.

Batu ginjal yang dialami setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar ukurannya, tentu saja kondisi kesehatan Anda semakin terganggu. Frekuensi buang air kecil Anda akan meningkat, meski tidak banyak air kencing yang keluar.

Selain itu, akan muncul sensasi terbakar saat Anda buang air kecil. Tentu saja Anda tidak ingin mengalami gejala-gejala tersebut, kan? Maka dari itu, usahakan untuk menghindari beberapa faktor yang dapat memunculkan batu ginjal.

Obesitas

Mengutip dari Web MD (webmd.com), obesitas jadi salah satu penyebab batu ginjal yang bisa Anda alami. Bahkan, risiko terbentuknya batu ginjal bisa mencapai dua kali lipat karena faktor tersebut. Jika Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk meminta saran dokter yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Sering disepelekan, 6 macam kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan

Jenis Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan juga bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, lo. Batu ginjal bisa terbentuk saat kalsium bertemu dengan oksalat. Nah, beberapa jenis makanan, seperti bayam, mengandung banyak oksalat sehingga akan lebih baik jika Anda menghindarinya.

Selain makanan yang mengandung oksalat, makanan yang mengandung banyak sodium dan protein hewani juga memberikan efek yang sama. Artinya, lebih baik batasi konsumsi garam, daging merah, atau kerang sehingga pembentukan batu ginjal dalam tubuh bisa Anda cegah.

Baca Juga: 8 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Dehidrasi

Dehidrasi termasuk salah satu penyebab batu ginjal.

Anda tidak boleh meremehkan dehidrasi. Tidak hanya membuat konsentrasi menurun, kurang minum air putih juga berisiko menimbulkan batu ginjal. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih per hari.

Namun, jumlah tersebut bisa berbeda-beda, tergantung dari aktivitas dan faktor lain sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda sudah terdiagnosa memiliki batu ginjal, cobalah untuk minum minimal 10 gelas air putih per hari.

Penyakit dan Obat Tertentu

Penyebab batu ginjal lainnya yang disebutkan Web MD adalah jenis penyakit dan beberapa jenis obat tertentu. Beberapa penyakit dan obat yang dimaksud adalah kista, antibiotik, dan obat untuk HIV/AIDS. Jika Anda memiliki penyakit-penyakit itu, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Cara mengenali penyakit batu ginjal, cermati dari tiga gejala ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×