kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, inilah 4 penyebab sakit perut sebelah kanan


Kamis, 22 Oktober 2020 / 14:55 WIB
Waspada, inilah 4 penyebab sakit perut sebelah kanan
ILUSTRASI. Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan karena banyak hal.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sakit perut sebalah kanan biasa dialami oleh banyak orang. Mengenal penyebab dan gejala sakit perut sebelah kanan bisa membantu Anda dalam mendapat pengobatan.

Sebab, saat sakit perut sebelah kanan, ada beberapa organ yang berhubungan dengan rasa sakit itu. Yakni, liver, ginjal kanan, usus buntu, usus kecil, dan tuba falopi bagian kanan pada wanita. 

Berikut penyebab dan gejala sakit perut sebelah kanan:

Liver yang bermasalah

Infeksi liver, kanker liver, atau penyakit liver lainnya bisa menyebabkan rasa sakit di perut bagian kanan. Biasanya, rasa sakit akan menjalar bagian atas.

Dilansir dari Healthgrades.com, ada gejala lain yang diakibatkan oleh liver bermasalah. Misalnya, mual, penyakit kuning, urin yang keluar berwarna gelap, kaki bengkak dan memar.

Anda juga perlu waspada saat berat badan Anda turun. Bisa jadi itulah tanda adanya penyakit liver yang sedang Anda derita.

Baca Juga: Anda merasa sakit perut bagian bawah? Ini penyebabnya

Usus buntu

Sakit perut sebelah kanan juga bisa disebabkan karena masalah pada usus buntu. Anda akan merasakan sakit di bagian tengah atau kanan perut, lalu menjalar ke perut bagian kanan bawah.

Selain terasa sakit, perut Anda juga bisa bengkak. Tak hanya itu, gejala lain yang mungkin timbul adalah demam, mual, muntah, sembelit, atau diare.

Penggumpalan darah

Healthgrades.com menyebutkan, Anda bisa mengalami sakit perut sebelah kanan karena darah yang menggumpal. Penggumpalan darah dimulai saat paru-paru mengalami infeksi.

Akhirnya, perut Anda terasa sangat sakit. Tanda lain dari kondisi kesehatan ini adalah Anda mengalami kesulitan untuk bernaps, batuk, dan batuk berdahak disertai dengan darah.

Baca Juga: Ini 3 penyebab kram perut dan cara mengatasinya

Sakit ginjal

Sakit ginjal, seperti gagal ginjal atau batu ginjal, jadi penyebab sakit perut sebelah kanan lainnya yang perlu Anda waspadai. Kondisi ini menyebabkan perut Anda terasa seperti tertusuk.

Tak hanya terasa di perut, sakit ginjal juga bisa menjalar hingga ke tulang rusuk dan selangkangan.

Selain menyebabkan sakit perut, sakit ginjal juga akan memberikan sensasi terbakar saat Anda kencing. Bagian tubuh di antara tulang rusuk dan pinggul juga akan terasa nyeri.

Saat Anda mengalami sakit perut sebelah kanan seperti yang telah disebutkan, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Hal itu dilakukan agar penyebab pastinya bisa diketahui sehingga Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Selanjutnya: Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×