HOME

Waspada! Inilah 4 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Kamis, 10 September 2020 | 12:24 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Waspada! Inilah 4 penyebab nyeri dada sebelah kanan

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab nyeri dada sebelah kanan yang perlu diwaspadai.


KONTAN.CO.ID - Biasanya, nyeri dada sebelah kanan berkaitan dengan jantung. Namun, hal itu bukanlah satu-satunya penyebab.

Ada banyak hal lain yang menimbulan rasa nyeri dada sebelah kanan. Misalnya, infeksi, otot tegang, stress, cemas, atau hal lain yang tak berhubungan dengan jantung.

Nyeri dada sebelah kanan biasanya dibarengi dengan gejala lain. Selain bagian dada, nyeri juga bisa terasa di lengan, punggung, leher, rahang, dan perut.

Selain itu, mengutip Healthline, Anda bisa kesulitan bernapas, pusing, keluar keringat dingin, dan pingsan akibat nyeri dada sebelah kanan.

Munculnya nyeri dada sebelah kanan dan beberapa gejala itu menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang tak sehat. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Inilah gejala penyakit jantung yang wajib Anda waspadai

Penyebab nyeri dada sebelah kanan

Nah, berikut penyebab nyeri dada sebelah kanan:

  • Stres atau cemas

Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan karena stres atau cemas. Serangan panik bisa muncul karena dua hal itu.

Healthline menyebutkan, rasa sakit yang muncul mirip dengan serangan jantung. Serangan panik bisa muncul secara tiba-tiba atau dipicu oleh beberapa hal traumatik.

Selain nyeri dada sebelah kanan, gejala lain yang muncul adalah pusing, kesulitan bernapas, vertigo, tangan dan kaki mati rasa, serta gemetar.

  • Heartburn

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh heartburn. Heartburn merupakan rasa perih dan sensasi terbakar yang dialami setelah makan, olahraga, atau berbaring di malam hari. Hal tersebut terjadi saat asam lambung kembali ke kerongkongan.

Selain nyeri dada sebelah kanan, heartburn juga menyebabkan seseorang mengalami mual, rasa kenyang yang tidak nyaman, kembung, dan rasa sakit di perut bagian atas.

Baca Juga: Catat! Inilah penyebab paru-paru basah dan cara mencegahnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru