kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, benjolan di selangkangan bisa karena 5 faktor ini


Senin, 29 November 2021 / 07:21 WIB
Waspada, benjolan di selangkangan bisa karena 5 faktor ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengetahui penyebab benjolan di selangkangan merupakan hal penting. Tujuannya supaya langkah perawatan yang sesuai bisa segera Anda dapatkan. Dengan begitu, kesehatan Anda pun bisa terus selalu terjaga.

Jika benjolan tak segera Anda atasi dengan cara yang tepat, kemunculannya bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari hingga mengganggu kesehatan bagian tubuh Anda yang lain. Benjolan yang muncul biasanya dibarengi dengan gejala umum yang lain.

Mulai dari mual, muntah, demam, dan benjolan yang terasa sakit. Nantinya, dokter akan memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Misalnya, melakukan berbagai macam tes, melihat riwayat kesehatan keluarga, dan lain sebagainya. Setelah itu, perawatan yang tepat bisa Anda dapat.

Hernia

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), hernia adalah kondisi di mana jaringan atau organ mendorong otot yang mengelilinginya. Ada dua jenis hernia yang bisa Anda alami, yaitu hernia inguinalis dan hernia femoralis.

Baca Juga: Tidak ingin menderita ambeien? Jangan lakukan 6 hal ini

Pembuluh Darah

Benjolan di selangkangan juga bisa disebabkan karena pembuluh darah yang membengkak, lo. Ada dua tipe pembengkakan pembuluh darah yang bisa menyebabkan benjolan, yaitu aneurisma femoralis dan varicose vein.

Aneurisma femoralis terjadi saat dinding arteri lemah. Sedangkan varicose vein menimbulkan benjolan karena tekanan darah vena meningkat. Varicose vein lebih banyak dialami oleh orang tua, penderita obesitas, atau wanita hamil.

Infeksi Kulit

Folikel rambut di sekitar kemaluan yang terluka bisa memicu kemunculan benjolan. Bisul, abses, atau jenis infeksi kulit lainnya juga bisa menimbulkan efek yang sama. Biasanya, benjolan berwarna kemerahan dan menimbulkan rasa sakit sehingga bisa membuat Anda tak nyaman.

Benjolan di selangkangan bisa terjadi karena infeksi kulit.

Kista

Medical News Today mengatakan bahwa kista tidak bersifat kanker dan biasanya tidak berbahaya pula untuk kesehatan. Meski demikian, kista yang tak diatasi dengan baik bisa menyebabkan infeksi.

Ada dua jenis kista yang bisa timbul di daerah selangkangan, yaitu kista epidermoid dan kista sebasea. Kista epidermoid muncul di bawah permukaan kulit. Sedangkan kista sebasea muncul akibat folikel rambut atau kelenjar minyak yang tersumbat.

Baca Juga: Ada benjolan di belakang telinga Anda? Ini 5 penyebabnya

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening termasuk dalam salah satu komponen sistem imun tubuh yang berguna untuk mengeluarkan virus, bakteri, dan zat racun lain. Komponen tersebut juga mengandung sel darah putih yang membantu tubuh untuk melawan infeksi benda asing penyebab berbagai macam penyakit.

Saat terinfeksi, kelenjar getah bening akan membengkak sehingga menimbulkan benjolan di selangkangan. Tidak hanya muncul di area tersebut, kelenjar getah bening di bagian ketiak dan leher pun bisa meradang karena infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×