Ada benjolan di belakang telinga Anda? Ini 5 penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 12:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ada benjolan di belakang telinga Anda? Ini 5 penyebabnya

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab benjolan di belakang telinga.

KONTAN.CO.ID - Anda mungkin akan merasa kaget ketika mendapati ada benjolan di belakang telinga. Kondisi itu bisa terjadi karena banyak hal, mulaiĀ  faktor ringan hingga masalah kesehatan yang perlu mendapat perawatan medis.

Setiap orang bisa memiliki benjolan dengan ukuran yang berbeda-beda. Tekstur benjolan pun bervariasi. Anda mungkin memiliki benjolan yang keras, tapi tak sedikit kasus di mana benjolan memiliki tekstur yang lunak.

Benjolan bisa membuat Anda merasa tak nyaman, apalagi jika muncul rasa sakit dari benjolan itu.

Apabila kondisi benjolan semakin parah, jangan ragu untuk segera mengonsultasikannya ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan memberi saran pengobatan yang disesuaikan dengan penyebabnya.

Mastoiditis

Mastoiditis merupakan salah satu jenis infeksi yang menyerang tulang mastoid, salah satu jenis tulang yang ada di belakang telinga. Mengutip dari Very Well Health, infeksi itu bisa menimbulkan benjolan dan gejala yang lain, seperti sakit telinga, demam, sakit kepala.

Baca Juga: Mengenal gejala, penyebab, dan cara mengobati hemangioma

Jerawat

Benjolan di belakang telinga juga bisa terjadi karena jerawat, lo. Meski jerawat umum terjadi, bukan berarti Anda bisa membiarkannya karena ada risiko infeksi. Cobalah untuk selalu menjaga kebersihan kulit. Anda juga bisa mencoba obat jerawat yang dijual di apotek.

Kista

Salah satu penyebab benjolan di belakang telinga adalah kista.

Kista jadi faktor lain yang memicu munculnya benjolan. Melansir dari Very Well Health, kista bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan minyak. Kista memiliki tekstur yang lunak dan biasanya bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Sebenarnya, kista tak menimbulkan rasa sakit apa pun. Rasa sakit muncul ketika kista terinfeksi bakteri. Makanya, Anda membutuhkan antibiotik. Di beberapa kasus, kista juga perlu diangkat supaya tak menimbulkan masalah lain yang lebih parah.

Baca Juga: Ketahui penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening, yuk

Infeksi

Benjolan di belakang telinga bisa Anda alami karena infeksi, baik infeksi telinga atau infeksi tenggorokan. Selain itu, infeksi gusi atau masalah pada pertumbuhan gigi Anda juga bisa menimbulkan kondisi yang sama.

Tumor

Faktor lain yang menyebabkan benjolan dan perlu selalu Anda waspadai adalah tumor. Biasanya, benjolan yang muncul bersifat jinak. Namun, ada beberapa kasus di mana benjolan bersifat kanker sehingga Anda perlu segera mendapat perawatan medis.

Selanjutnya: Harga minyak menguat, investor abaikan kekhawatiran pelepasan cadangan minyak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru