kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 6 Gejala DBD yang Kerap Luput Dari Perhatian, Hati-Hati!


Minggu, 16 Oktober 2022 / 08:40 WIB
Waspada 6 Gejala DBD yang Kerap Luput Dari Perhatian, Hati-Hati!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - DBD atau Demam Berdarah Dengue termasuk salah satu penyakit harus diwaspadai. Selain itu, ada beberapa gejala DBD yang juga patut untuk diwaspadai. Pasalnya, ada beberapa gejala DBD yang kerap luput dari perhatian.

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, salah satunya melalui nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus. Selain itu, penyakit DBD harus segera dilakukan pengobatan karena dapat membahayakan kesehatan. Namun, tak sedikit orang mengabaikan gejala-gejala DBD.

Padahal, banyak sekali kasus DBD yang berdampak fatal karena tidak segera dilakukan pengobatan. Hal tersebutlah yang membuat mengetahui gejala DBD adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat!

Lantas apa saja gejala DBD yang perlu diwaspadai?

Melansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), berikut beberapa gejala DBD yang perlu Anda ketahui:

1. Demam Tinggi

Demam tinggi secara mendadak adalah salah satu gejala DBD yang perlu Anda waspadai. Meski demikian, terkadang demam kerap terjadi saat Anda mengalami gangguan kesehatan lainnya. Namun, gejala DBD ini, khususnya demam tinggi tersebut relatif berlangsung lebih lama dari demam biasanya.

2. Nyeri Otot dan Sendi

Gejala DBD selanjutnya yang mungkin akan Anda alami adalah otot dan sendi terasa nyeri. Gejala tersebut pasti sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman.

Bahkan gejala DBD ini juga tidak hanya menyerang otot dan sendi. Tak sedikit kasus mengalami rasa nyeri di bagian tulang hingga bekalang mata.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Sakit Kepala Parah

Jika Anda mengalami sakit kelapa yang cukup parah sebaiknya perlu sedkiti waspada. Pasalnya, sakit kepala parah merupakan salah satu gejala DBD yang paling umum terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi obat alami untuk sedikit meredakan sakit kepala.

4. Mual dan Muntal

Salah satu gejala DBD yang paling sering dialami juga Anda timbulnya rasa mual hingga muntah. Hal tersebut dikarenakan virus menyerang sistem pencernaan yang menyebabkan rasa mual dan munta. Gejala DBD ini bisa menyerang orang dewasa hingga anak kecil.

5. Tubuh Cepat Lelah

Gejala DBD selanjutnya yaitu tubuh akan cenderung cepat merasa lelah. Selain itu, sistem imunitas tubuh juga berkurang. Serta biasanya gejala DBD ini akan disertai dengan nafsu makan yang menurun drastis.

Baca Juga: Jadwal Liga Italia Serie A: Torino vs Juventus Tayang 20.00 WIB

6. Muncul Ruam Merah

Gejala DBD yang tak boleh terlewatkan adalah munculnya ruam merah. Gejala DBD ini merupakan salah satu gejala yang paling khas dan kerap terjadi. Ruam merah yang disebabkan DBD kerap muncul di beberapa bagian seperti tangan, kaki, dada hingga wajah. 

Jika Anda mengalami ruam merah di beberapa bagian tubuh ataupun gejala DBD lainnya. Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter agar segera diberikan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×