kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 5 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Anda Alami, Yuk Simak!


Selasa, 13 Desember 2022 / 09:27 WIB
Waspada 5 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Anda Alami, Yuk Simak!
ILUSTRASI. Penyebab rambut rontok.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa penyebab rambut rontok yang mungkin Anda alami dan penting untuk diwaspadai. Pasalnya, penyebab rambut rontok bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Salah satu penyebab rambut rontok yang umum terjadi adalah selama masa kehamilan. Tak berhenti disitu, ada beberapa penyebab rambut rontok lainnya.

Kondisi tersebut dikarenakan tubuh sedang mengalami penurunan hormon estrogen sehingga menyebabkan rambut rontok. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut wajar terjadi.

Baca Juga: Mampu Menjaga Sistem Pencernaan, Simak 5 Manfaat Kancang Hijau Untuk Kesehatan Ini

Selain itu ada beberapa penyebab rambut rontok lain yang dilansir dari Medical News Today, di antaranya: 

1. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Tak hanya saat proses kehamilan, jika Anda sedang menjalani pengobatan, hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab rambut rontok. 

Pasalnya, ada beberapa jenis obat tertentu yang mempunyai efek samping membuat rambut rontok parah. Jika Anda mengalaminya, segera konsultasi ke dokter sebelum efek samping obat semakin memburuk.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

2. Kurap 

Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jika kurap terjadi di kulit kelapa, hal tersebut berisiko menjadi penyebab rambut rontok. 

Bahkan, selain rambut rontok kurap di kulit kepala juga akan menimbulkan bintik kemerahan hingga rasa gatal. 

3. Salah Perawatan 

Saat melakukan perawatan rambut Anda harus berhati-hati. Pasalnya, jika terjadi kesalahan atau ketidakcocokan, sangat berisiko menyebabkan rambut rontok. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari merawat rambut dengan alat yang relatif panas.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

4. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Perlu Anda ketahui, asupan nutrisi itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mencegah rambut rontok. 

Tubuh yang kekurangan nutrisi, contohnya seperti protein zat besi, vitamin dan berbagai nutrisi lain sangat mungkin mengalami kerontokan rambut. Oleh karena itu mulailah mengkonsumsi makanan bergizi sedari dini untuk menghindari rambut rontok.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan, Catat!

5. Stres 

Dilansir dari Medical News Today, penyebab rambut rontok tidaknya hanya fisik namun juga bisa disebabkan oleh emosional, contohnya stres. Jangan salah, Stres berlebihan bisa menyebabkan rambut rontok loh. Untuk itu Anda harus bisa mengatur stres dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×