Waspada! 5 Pantangan asam urat ini bisa Anda alami

Sabtu, 11 September 2021 | 10:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! 5 Pantangan asam urat ini bisa Anda alami


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pantangan asam urat perlu Anda hindari supaya jumlah asam urat dalam tubuh lebih terkontrol. Jika tidak, asam urat berlebih akan menumpuk di bagian sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri.

Beberapa jenis makanan mengandung banyak purin. Saat Anda terlalu sering mengonsumsi jenis makanan itu, jumlah asam urat dalam tubuh dapat bertambah sehingga kesehatan tubuh Anda pun terganggu.

Selain menghindari makanan dan minuman di bawah ini, jumlah asam urat juga bisa Anda kontrol dengan menerapkan pola hidup sehat yang lain. Jangan lupa pula untuk selalu berkonsultasi ke dokter, ya. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terpantau.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda dan jenis minuman manis lainnya perlu Anda hindari supaya asam urat tak bertambah. Mengutip dari Very Well health (verywellhealth.com), 12 ons minuman bersoda mengandung sekitar 150 kalori dan tak mengandung nutrisi lain yang menyehatkan tubuh.

Baca Juga: Penting banget, yuk waspadai 6 pantangan ibu hamil ini

Ikan

Anda perlu berhati-hari karena beberapa jenis ikan termasuk dalam pantangan asam urat, misalnya ikan tuna dan salmon. Meski mengandung banyak asam lemak omega-3, tapi jenis ikan itu mengandung banyak purin sehingga berpengaruh pada jumlah asam urat.

Jamur

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis jamur bisa jadi pantangan asam urat? Supaya jumlah asam urat dalam tubuh tetap terkontrol, cobalah untuk menghindari suplemen atau jenis makanan yang mengandung ekstrak jamur. Mulai dari kecap, sup kaleng, makanan ringan asin, dan lain-lain.

Baca Juga: Selain kentang goreng, waspadai 6 pantangan kolesterol ini

Daging Merah

Very Well Health mengatakan bahwa menghindari konsumsi daging merah bisa jadi cara menurunkan asam urat. Alih-alih mengonsumsi daging merah sebagai sumber protein, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya protein lainnya, seperti produk olahan susu rendah lemak, tahu, telur, dan kacang.

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk dalam daftar pantangan asam urat yang sebaiknya Anda hindari.

Cara menurunkan asam urat juga bisa Anda coba dengan mengurangi atau benar-benar tidak mengonsumsi alkohol. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman beralkohol, cobalah untuk minum wine. Namun, tentu saja Anda perlu membatasi jumlah wine yang Anda minum supaya jumlah asam urat tak melonjak.

Selanjutnya: Catat baik-baik, ya! Ini 5 pantangan diabetes yang perlu Anda hindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru