Waspada! 5 Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

Kamis, 17 Februari 2022 | 16:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada! 5 Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

ILUSTRASI. Ilustrasi makanan penyebab asam urat.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Penyebab asam urat bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui dan menghindari makanan penyebab asam urat. 

Asam urat tinggi biasanya timbul gejala-gejala salah satu contohnya radang sendi. Jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Beberapa jenis makanan penyebab asam urat itu dikarenakan kandungan purin yang terlalu banyak. Pasalnya, purin dipecah menjadi asam urat, yang mana jika terlalu banyak akan membuat kadar asam urat dalam tubuh naik. 

Baca Juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk, Wangi dan Efektif Membasmi!

Melansir dari Creaky Joints, terdapat beberapa makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari. Makanan tersebut di antaranya adalah: 

1. Alkohol 

Alkohol merupakan minuman yang dapat meningkatkan asam urat. Disarankan untuk setidaknya mengurangi atau menghindari minuman beralkohol demi kesehatan tubuh. 

2. Soda 

Selain alkohol, minuman bersoda juga menjadi penyebab asam urat. Risiko asam urat semakin tinggi jika Anda mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari. 

Oleh karana itu disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda atau menggantinya dengan air putih sehingga kadar asam urat bisa dikontrol. 

3. Seafood

Seafood merupakan salah satu makanan yang enak saat dimakan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa seafood juga merupakan makanan penyebab asam urat. 

Jika Anda seorang penyuka seafood, cobalah untuk membatasi makanan tersebut. Supaya kesehatan Anda tetap terjaga khususnya asam urat. 

Baca Juga: Apa itu Diabetes Tipe 2? 6 Hal ini Wajib Anda Ketahui

4. Daging Merah

Makanan penyebab asam urat lainnya adalah daging merah atau red meat. Daging merah merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan jumlah yang banyak karena dapat meningkatkan risiko asam urat. 

Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti daging putih, tempe dan makanan sehat lainnya. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru