Apa itu Diabetes Tipe 2? 6 Hal ini Wajib Anda Ketahui

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:13 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Apa itu Diabetes Tipe 2? 6 Hal ini Wajib Anda Ketahui

ILUSTRASI. Diabetes tipe 2.


KONTAN.CO.ID - Pernahkan Anda mendengar diabetes tipe 2? Jika tidak, diabetes tipe 2 merupakan kondisi kadar gula darah seseorang yang melebihi normal akibat resistensi insulin. 

Umumnya diabetes tipe 2 ini dialami oleh orang dewasa. Selain itu diabetes tipe 2 juga merupakan jenis diabetes yang sering terjadi atau dialami. 

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Pasalnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun sangat bisa dikontrol atau dicegah agar tidak memburuk. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga yang Wajib Anda Ketahui, Bisa Atasi Diabetes
Sebelum kadar gula darah melonjak Anda bisa mengelola berbagai cara agar tidak terjadi diabetes yang bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Salah satu caranya adalah menjadi pola hidup sehat. 

Melansir dari Healthline, terdapat beberapa hal tentang diabetes yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

1. Kronis dan Belum Ada Obatnya

Sederhananya, diabetes adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda memiliki masalah dalam mengelola kadar gula darah. Ini karena ketidakmampuan tubuh untuk membuat atau menggunakan insulin, hormon yang mengatur gula darah. 

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis, yang berarti berlangsung lama. Saat ini, tidak ada obatnya, sehingga dibutuhkan manajemen yang cermat dan terkadang obat-obatan untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. 

2. Kebanyakan Orang Dewasa

Diabetes tipe 2 kebanyakan diderita oleh orang dewasa. Jumlah penderita diabetes di seluruh dunia telah meningkat dari 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada tahun 2014, dan diabetes tipe 2 membuat sebagian besar kasus ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. 

Yang lebih memprihatinkan adalah bahwa diabetes tipe 2 dulunya hanya terlihat pada orang dewasa tetapi sekarang lebih sering didiagnosis pada anak muda juga. Oleh karena itu penting untuk mengontrol gula darah untuk mewaspadai diabetes 2 ini. 

3. Bisa Luput dari Perhatian

Banyak kasus diabetes tipe 2 tidak terdiagnosis karena kurangnya gejala atau karena orang tidak mengenalinya sebagai akibat diabetes. 

Perlu Anda ketahui, penyebab gejala seperti kelelahan, rasa lapar yang meningkat, dan rasa haus yang meningkat terkadang sulit untuk dijelaskan. Hal tersebut bisa saja merupakan gejala diabetes tipe 2 dan segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Kurang Subur? Simak 10 Cara Meningkatkan Sperma, Jadi Banyak dan Berkualitas

4. Bisa Menyebab Komplikasi Serius

Jika dibiarkan tidak terdiagnosis dan tidak diobati terlalu lama, diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. 

Hal yang sama berlaku untuk orang yang lalai mengelola diabetes mereka dengan benar. Penyakit kardiovaskular, penyakit mata diabetes, penyakit ginjal, kerusakan saraf, kerusakan pendengaran, dan peningkatan risiko stroke dan penyakit Alzheimer adalah beberapa komplikasi utama yang dihadapi penderita diabetes tipe 2. 

Menjaga kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah sangat penting dalam menurunkan risiko ini. Deteksi dan pengobatan dini, gaya hidup sehat, dan pemeriksaan rutin adalah kuncinya.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru