kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 5 Gejala Rematik yang Paling Sering Dialami Banyak Orang


Minggu, 21 Agustus 2022 / 10:15 WIB
Waspada 5 Gejala Rematik yang Paling Sering Dialami Banyak Orang


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala rematik yang paling sering dialami dan patut diwaspadai. Rematik adalah penyakit yang disebabkan oleh penyakit autoimun yang menimbulkan peradangan kronis.

Mengetahi gejala rematik sejak dini semakin rendah munculnya masalah kesehatan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengobatan lebih cepat. 

Gejala rematik yang dialami setiap orang berbeda-beda. Namun, kebanyakan gejala awal rematik kerap tidak disadari yang lambar laun menjadi semakin terasa.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Kenali 6 Manfaat Jahe Merah Ini

Dilansir dari Healthline, rematik umumnya ditandai dengan munculnya rasa sakit dipergelangan tangan atau bagian sendi. Selain itu ada beberapa gejala rematik lainnya.

Berikut beberapa gejalan rematik yang perlu Anda waspadai, di antaranya:

Sendi Kaku

Dilansir dari Healthline, salah satu gejala rematik yang perlu diwaspadai adalah sendi menjadi kaku. Kondisi tersebut bisa muncul kapan saja, oleh sebab itu Anda perlu mewaspadai gejala rematik ini. Umumnya sendi kaku dimulai dari tangan yang menjalar ke area tubuh lainnya.

Demam

Perlu Anda ketahui, demam juga bisa menjadi salah satu gejala rematik loh. Jika suhu tubuh Anda lebih dari 38 derajat Celcius sebaiknya Anda harus segera pergi ke dokter untuk melakukan penanganan. Meski, tidak meluluh demam menjadi gejala rematik mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh penyekit lain yang lebih berbahaya.

Baca Juga: 5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami, Catat!

Sendi Bengkak

Rematik umumnya ditandai dengan sendi yang terasa sakit akibat peradangan. Selain menimbulkan rasa sakit, hal tersebut juga dapat membuat sendi menjadi bengkak.

Kesemutan

Anda perlu waspada jika sering mengalami kesemutan. Pasalnya, kesemutan adalah salah satu gejala rematik yang cukup umum terjadi. Hal tersebut dikarenakan rematik menyebabkan sendi meradang sehingga dapat menerakan sistem saraf yang mengakibatkan munculnya mati rasa atau kesemutan.

Baca Juga: Leukemia: Pengertian, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Leukemia yang Perlu Diketahui

Cepat Lelah

Gejala rematik yang tak boleh dilewatkan adalah tubuh merasa cepat lelah. Kelelahan adalah salah satu gejala awal yang mungkin dialami. Oleh sebab itu, Anda harus waspada jika tubuh cepat lelah jika tidak terlalu melakukan aktivitas yang berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×