5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami, Catat!

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:19 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami, Catat!

ILUSTRASI. Bawang putih adalah salah satu obat penurun darah tinggi alami


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa obat penurun tekanan darah tinggi alami yang perlu Anda ketahui. Mengkonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi berbahan alami juga relatif aman untuk dikonsumsi dan tak kalah ampuh.

Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi segera untuk mengecek kondisi kesehatan. Pasalnya, tekanan darah tinggi dapat menimbulkan risiko timbulnya penyakit seperti serangan jantung, stroke dan penyakit serius lainnya. 

Agar tekanan darah tinggi bisa kembali turun dan normal, Anda bisa mengkonsumsi bahan-bahan alami sebagai obat. Bahan-bahan alami cenderung tidak memiliki efek samping yang signifikan jika dibandingkan dengan obat kimia.

Baca Juga: Catat Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Terbaru, Qatar vs Ekuador Jadi Laga Pembuka

Melansir Times Now News, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, supaya manfaat lebih maksimal dan menghindari efek samping tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. 

1. Bawang Putih 

Bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah bawang putih. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung antiinflamasi yang mampu membuat jantung lebih rileks sehingga tekanan darah kembali normal. 

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau mengolahnya menjadi hidangan makanan lain. 

2. Kayu Manis 

Selanjutnya kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. 

Kayu manis bisa Anda campur ke dalam teh atau berbagai jenis minuman sehat lain.

Baca Juga: PSS Sleman vs Persib Bandung: Live Streaming, Jam dan Jadwal BRI Liga 1 2022/2023

3. Jahe

Jahe termasuk salah satu bahan alami yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan yang ada pada jahe dipercaya mampu melancarakan aliran darah sehingga tekanan darah kembali normal. 

4. Kapulaga 

Selain jahe, kapulaga juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya menurut penelitian, kapulaga bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikas jika dikonsumsi secara rutin. 

Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Sakit Kepala yang Sering Banyak Dialami

5. Kemangi

Terakhir kemangi, bisa menjadi pilihan lain obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kemangi juga memiliki manfaat lain, salah satunya bisa membantu meredakan flu atau pilek. 

Demikian bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Namun, alangkah lebih baik untuk melakukan pengecekan dan berkonsultasi dengan dokter supaya tekanan darah bisa turun dengan efektif dan minim efek samping. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru