Waspada 5 Gejala Kanker Tulang yang Kerap Tak Disadari Pengidapnya

Minggu, 25 September 2022 | 11:55 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 5 Gejala Kanker Tulang yang Kerap Tak Disadari Pengidapnya

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ada beberapa gejala kanker tulang yang kerap tak disadari pengidapnya. Kanker tulang adalah salah satu penyakit ganas yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, kanker tulang juga dapat menyerang berbagai area tulang manapun. Namun, ada beberapa umunya kanker tulang menyerang tulang panggul, tungkai dan lengan. 

Tak hanya itu, kanker tulang juga bisa menyerang berbagai kelompok usia, mulai dari orang tua, dewasa hingga anak-anak sekali pun.

Baca Juga: Daftar Camilan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Meski demikian, kanker tulang adalah salah satu jenis kanker yang juga jarang terjadi. Namun, Anda harus tetap waspada dan menjaga kesehatan tulang maupun tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Healtline, berikut terdapat beberapa gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Pembengkakan

Kanker tulang umumnya akan menimbulkan pembengkakan di area tulang yang diserang. Pembengkakan tersebut disebabkan oleh sel-sel tulang yang mengalami peradangan.

Pembengkakan yang diakibatkan oleh kanker tulang tersebut juga relatif akan berlangsung lama dan menimbulkan rasa sakit.

2. Cepat Lelah

Gejala kanker tulang selanjutnya mungkin adalah hal yang kerap luput dari perhatian, yakni tubuh akan cenderung cepat merasa lelah. 

Meski saat tubuh merasa lelah bisa disebabkan oleh masalah lain, tak ada salahnua untuk mewaspadai gangguan kesehatan tersebut disebabkan oleh kanker tulang.

Baca Juga: Daftar 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Baik Dikonsumsi Saat Diet

3. Muncul Rasa Sakit

Rasanya salah satu gejala kanker tulang ini adalah yang paling umum terjadi. Penderit kanker tulang kebanyakan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan, gejala kanker tulang satu ini akan sangat menggangu aktivitas yang akan Anda lakukan.

4. Tulang Rapuh

Gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai selanjutnya yaitu tulang rapuh. Pasalnya, kanker tulang mempunyai sifat yang cukup ganas sehingga dapat menggerogoti sel-sel dalam tulang.

Bahkan tak sedikit penderita kanker tulang kerap mengalami patah tulang atau sulit untuk berjalan sekali pun.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 11 Borneo FC vs Madura United 1 Oktober 2022

5. Demam

Gejala kanker tulang yang paling sederhana dan tidak boleh dilewatkan adalah demam. Meski demam juga bisa disebabkan oleh faktor lain, demam juga patut untuk diwaspadai jika Anda mengalami gejala-gejala kanker tulang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru