Waspada! 4 Penyebab kencing berbusa ini bisa Anda alami

Rabu, 19 Mei 2021 | 12:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! 4 Penyebab kencing berbusa ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Penyebab kencing berbusa perlu Anda perhatikan supaya kondisi kesehatan tak terganggu. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warna air kencing yang Anda keluarkan bisa jadi salah satu cara mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengeluarkan kencing berbusa. Anda perlu mewaspadai hal itu karena bisa jadi kesehatan Anda sedang terganggu.

Air kencing yang berwarna gelap dan berbusa biasanya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Women’s Health (womenshealthmag.com) mengatakan bahwa hal itu terjadi karena tubuh berusaha untuk menahan cairan dalam tubuh.

Semakin tubuh dehidrasi, semakin pekat warna air kencing yang Anda keluarkan. Untuk mengatasi hal itu, tentu saja Anda perlu minum lebih banyak air. Selain dehidrasi, tentu saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan air kencing Anda berbusa.

Kanker Darah

Antibodi dalam tubuh yang berusaha melawan pertumbuhan sel kanker darah dapat mengganggu penyaringan dalam ginjal. Hal itulah yang mengakibatkan penumpukan protein dalam urin sehingga kencing berbusa pun Anda alami.

Baca Juga: Jangan terlambat, ini cara mengenali penyebab dan gejala gagal ginjal

Diabetes

Diabetes jadi faktor berikutnya yang bisa menyebabkan Anda mengeluarkan kencing berbusa. Jumlah insulin yang terganggu karena penyakit diabetes juga berpengaruh pada aliran darah menuju ginjal. Alirah darah yang terganggu dapat merusak fungsi ginjal.

Selain menyebabkan kencing berbusa, diabetes juga ditandai dengan gejala yang lain. Misalnya, frekuensi buang air kecil dan rasa haus yang meningkat. Segera periksakan diri ke dokter jika gejala-gejala itu Anda alami dalam jangka waktu yang relatif lama.

Gangguan Pada Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring berbagai mazam zat racun. Saat tak bisa menjalankan fungsinya dengan benar, tentu saja kondisi tubuh menjadi terganggu.

Tidak hanya menyebabkan kencing berbusa, penyakit ginjal juga ditandai dengan gejala yang lain. Misalnya, berat badan bertambah.

Baca Juga: 5 Faktor ini bisa jadi penyebab sering buang air kecil

Jenis Obat Tertentu

Tahukah Anda bahwa kondisi air kencing yang Anda keluarkan bisa dipengaruhi oleh jenis obat yang Anda konsumsi? Mengutip dari Women’s Health, obat pereda rasa sakit dapat membuat air kencing lebih berbusa.

Hal itu terjadi karena jenis obat tersebut meningkatkan jumlah protein dalam tubuh. Tak hanya menyebabkan munculnya busa di air kencing, jenis obat itu juga dapat memicu reaksi alergi sehingga ginjal mengalami inflamasi.

Selanjutnya: Hati-hati, urine berbusa bisa jadi penanda penyakit serius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru