O

Wasapadai efek samping vaksin Covid-19 yang berlangsung lama

Rabu, 12 Mei 2021 | 04:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wasapadai efek samping vaksin Covid-19 yang berlangsung lama


Pratayang Rabu, 12 Mei 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek samping vaksin Covid-19 merupakan hal umum yang dialami oleh banyak orang. Biasanya, kondisi tersebut hanya berlangsung selama beberapa hari. Namun, Anda perlu waspada jika efek samping yang Anda alami berlangsung terlalu lama.

Bisa saja, tubuh Anda justru terinfeksi Virus Corona. Apalagi beberapa gejala Covid-19 mirip dengan efek samping vaksin, misalnya demam. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), cobalah untuk melakukan tes Covid-19 jika efek samping Anda alami lebih dari 72 jam.

Perlu diingat bahwa vaksin hanya membantu tubuh melawan serangan Virus Corona, bukan membuat tubuh benar-benar kebal. Selain itu, sistem imun baru benar-benar terbentuk beberapa minggu setelah Anda divaksin. Jadi, masih ada rentang waktu yang memungkinkan Anda terinfeksi Covid-19.

Jika setelah tes Anda dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona, Anda perlu menunda suntikan vaksin dosis kedua. Namun, jika hasil tes menunjukkan bahwa Anda negatif terinfeksi Covid-19, maka Anda bisa melanjutkan vaksinasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga: Inilah virus corona hasil mutasi yang sudah masuk ke Indonesia

Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, Best Life merekomendasikan Anda untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Hindari berkerumun dengan banyak orang di tempat umum. Jika Anda terpaksa melakukannya, usahakan untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Selain itu, selalu gunakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan. Pilihlah ukuran masker yang tepat sehingga Anda nyaman ketika menggunakannya. Tidak berhenti sampai di situ, menjaga kebersihan tangan juga tak boleh Anda lupakan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, pengusaha minta pemerintah antisipasi lonjakan kasus corona

Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir tiap selesai melakukan kegiatan. Apalagi jika Anda sedang berada di lokasi dengan risiko penularan yang tinggi. Misalnya, restoran, kedai kopi, bar, dan ruangan dengan ventilasi yang buruk.

Jangan lupa untuk menjaga sistem imun tubuh dengan rajin olahraga. Alih-alih pergi ke gym atau tempat umum yang lain, cobalah untuk melakukan olahraga di rumah. Dengan begitu, risiko tertular Virus Corona bisa Anda hindari.

Selanjutnya: Waspada, ini 3 varian baru virus corona yang ada di Indonesia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru