Wanita Wajib Tahu, Ini Daftar Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara

Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:40 WIB Sumber: Kompas.com
Wanita Wajib Tahu, Ini Daftar Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara

ILUSTRASI. Wanita Wajib Tahu, Ini Daftar Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mencegah kanker payudara. Cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan tertentu.

Sejumlah makanan bermanfaat mencegah kanker payudara. Tentunya, cara mencegah kanker payudara ini harus dilakukan secara rutin dan jangka lama.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga akhir tahun 2020 ada 7,8 wanita yang mengalami kanker payudara. Data tersebut menunjukan bahwa kanker payudara menjadi jenis kanker yang paling umum terjadi.

Kanker payudara bukanlah penyakit menular atau disebabkan karena infeksi virus tertentu. Penyakit ini berkembang karena faktor risiko seperti bertambahnya usia, obesitas, penggunaan alkhol, genetik, paparan radiasi, dan riwayat reproduksi. Kebiasaan merokok dan terapi hormon pascamenopasue juga bisa memicu penyakit ini.

Makanan untuk mencegah kanker payudara

Jika merunut laman healthline, pola makan juga bisa meningkatkan risiko kita terkena kanker payudaran. Di sisi lain, kita juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Obat Alami, Perhatikan Juga Cara Mencegah Kambuh

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah kanker payudara:

1. Sayuran berdaun hijau

Makanan pertama untuk mencegah kanker payudara adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Studi yang meneliti lebih dari 7000 orang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi karotenoid lebih banyak mengalami pengurangan risiko payudara secara signifikan. Studi lanjutan yang meneliti 32000 wanita juga menemukan bahwa kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga28 persen.

2. Buah sitrus

Makanan kedua untuk mencegah kanker payudara adalah buah sitrus. Buah sitrus mengandung banyak senyawa seperti folat, vitamin C, dan karotenoid yang semunya membantu dalam mencegah kanker payudara.

Selain itu, sitrus juga kaya antioksidan yang memberikan efek anti kanker dan anti inflamasi. Riset yang meneliti 8000 orang juga menemukan bahwa asupan jeruk atau buah stirus yang tinggi mampu mengurangi risiko kanker payudara hingga 10 persen.

3. Ikan berlemak

Makanan ketiga untuk mencegah kanker payudara adalah ikan berlemak. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel, kaya akan omega 3, selenium, dan antioksidan yang memberikan efek perlindungan kanker.

Riset yang menganalisis 26 penelitian pada 883.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sumber makanan laut mengandung omega 3 memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 14 persen.

4. Buah beri

Makanan keempat untuk mencegah kanker payudara adalah buah beri. Konsumsi buah beri secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Buah beri mengandung antioksidan, termasuk flavonoid dan anthocyanin, yang telah terbukti melindungi dari kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker. Riset yang meneliti 75.929 wanita juga menemukan bahwa konsumsi buah beri yang tinggi, khususnya blueberyy, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Itulah daftar makanan untuk mencegah kanker payudara. Konsumsi makanan untuk mencegah kanker payudara itu sejak dini untuk mengurangi risiko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Makanan untuk Turunkan Risiko Kanker Payudara",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru