kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib Tahu! Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi, Begini Gejala Awalnya


Rabu, 11 Mei 2022 / 06:51 WIB
Wajib Tahu! Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi, Begini Gejala Awalnya
ILUSTRASI. Kolesterol.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penyebab kolesterol tinggi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Bahkan, ada beberapa penyebab kolesterol tinggi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Kolesterol tinggi umumnya sering dijulukin penyakit orang tua atau orang yang memiliki berat badan lebih. Namun, ternyata kolesterol tinggi juga dapat menimpa anak mudah bahkan orang yang bertubuh kurus sekalipun. 

Oleh karena itu penting untuk memperhatika kesehatan tubuh anda sendiri, salah satunya dengan menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Mei 2022, Cek!

Merangkum dari Medical News Today, terdapat beberapa faktor penyebab dan risiko kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol tinggi tersebut di antaranya: 

Pertambahan Usia

Salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi itu adalah bertambahnya usia. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan fungsi dan metabolisme tubuh kian menurun. 

Oleh karena itu tidak heran cukup banyak orang lanjut usia memiliki keluhan kadar kolesterol yang tinggi. Namun perlu diperhatikan, tidak semua orang yang lanjut usia pasti atau akan mengalami kolesterol tinggi. 

Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan pola makan tidak sehat juga berpotensi menjadi penyebab kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan tidak sehat akan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. 

Contohnya, anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh, gula, alkohol dan makanan tidak sehat lainnya. Daripada mengkonsumsi makanan yang tidak sehat lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan protein.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Wajib Coba Ini

Malas Bergerak

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa malas bergerak juga dapat menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Apalagi jika anda malas bergerak dan sambil mengkonsumsi makanan tidak sehat, lemak akan menumpuk tidak terbakar oleh aktivitas sehingga akan menimbulkan kolesterol tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah bergerak dan lakukan berbagai jenis olahraga agar tubuh menjadi lebih sehat.

Kelebihan Berat Badan

Perut buncit

Kelebihan berat badan juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Kenapa? Karena biasanya tubuh yang memiliki berat badan berlebih menjadi salah satu tanda banyaknya kadar lemak. 

Oleh karena itu, hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi. Lebih buruknya lagi, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung akibat kenaikan kolesterol. 

Agar hal tersebut bisa dihindari, mulailah berolahraga agar lemak di dalam tubuh terbakar dan berat badan terjaga serta menjadi lebih ideal. 

Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung zat yang dapat menyebablan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Jika kadar kolesterol jahat kian menumpuk, hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit lain seperti serangan jantung dan stroke. 

Baca Juga: Rapih! 4 Cara Meluruskan Rambut, Sudah Coba Bahan Alami Ini?

Memiliki Penyakit Tertentu

Kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh riwayat penyakit yang anda miliki. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan atau berpotensi membuat kadar kolesterol dalam tubuh anda tinggi. 

Beberapa penyakit yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol tinggi di antaranya seperti Diabetes, Gangguan Liver, Masalah Ginjal, Tekanan Darah Tinggi dan Gangguan Kelenjar Tiroid. 

Oleh karena itu jika anda harus lebih berhati-hati dan mulai menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×