Reproduksi dan Seks

Wajib tahu, ini 5 penyebab keputihan yang bisa Anda alami

Jumat, 28 Mei 2021 | 04:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib tahu, ini 5 penyebab keputihan yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab keputihan yang bisa dialami oleh wanita.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang wajar. Namun, keputihan yang terlalu banyak justru bisa menandakan masalah kesehatan. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan faktor apa saja yang dapat jadi penyebab keputihan.

Mengutip dari Patient (patient.info), keberadaan benda asing di area vagina dapat memicu keputihan yang lebih banyak. Misalnya, kondisi itu bisa terjadi akibat tampon yang lupa dikeluarkan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menjaga kebersihan area vagina agar tidak ada masalah yang perlu Anda hadapi.

Selain benda asing, tentunya masih banyak hal lain yang bisa Anda alami. Jika Anda mengeluarkan banyak keputihan dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, penyebab-penyebab ini bisa teratasi dengan baik.

Perubahan Hormon

Keputihan biasanya keluar 14 hari setelah tubuh Anda memproduksi sel telur. Kondisi itu terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh. Hal yang sama juga terjadi saat Anda memasuki masa kehamilan. Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya, apalagi jika keputihan tidak berbau dan berwarna keruh.

Baca Juga: Perhatikan gejala dan tanda terkena kanker serviks

Infeksi Seksual Menular

Infeksi seksual menular jadi penyebab keputihan lainnya yang bisa Anda alami. Selain keputih, biasanya ada gejala lain yang Anda alami. Mulai dari pendarahan abnormal dari vagina, muncul rasa sakit saat Anda berhubungan seksual, dan lain-lain.

Infeksi Jamur

Patient menyebutkan bahwa infeksi jamur dapat menyebabkan keputihan. Umumnya, keputihan yang keluar memiliki tekstur yang lebih kental dan berwarna kekuningan. Selain menyebabkan keputihan, infeksi jamur juga mengakibatkan area vagina terasa sakit, gatal, dan kemerahan.

Vaginosis Bakterialis

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan, vaginosis bakterialis juga bisa jadi penyebab keputihan. Vaginosis bakterialis adalah kondisi di mana bakteri alami di area vagina mengalami ketidakseimbangan.

Keputihan yang keluar akibat vaginosis bakterialis biasanya memiliki bau tidak sedap yang cukup menyengat. Perlu diingat bahwa masalah kesehatan tersebut tidak termasuk dalam infeksi seksual menular. Biasanya, vaginosis bakterialis bisa diatasi dengan antibiotik.

Baca Juga: Perempuan wajib tahu! Ini 9 makanan yang bisa meningkatkan kesehatan vagina

Polip

Polip adalah salah satu penyebab keputihan yang bisa Anda alami.

Keputihan juga bisa terjadi saat muncul polip di bagian serviks. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena polip bisa dihilangkan dengan operasi. Namun, tidak menutup kemungkinan cara lain dilakukan dokter untuk mengangkat polip yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Jangan salah, inilah beragam tanda hamil 2 minggu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru