kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib Coba, Ini 6 Makanan untuk Tekanan Darah Rendah


Jumat, 24 Desember 2021 / 14:20 WIB
Wajib Coba, Ini 6 Makanan untuk Tekanan Darah Rendah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya tekanan darah tinggi, penyakit tekanan darah rendah juga bisa Anda alami. Salah satu cara mengatasinya yang bisa Anda coba adalah dengan rutin mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah.

Normalnya, tekanan darah seseorang berada di angka 120/80 mmHg. Ada beberapa hal yang bisa Anda alami jika tekanan darah berada di bawah angka tersebut. Mulai dari pusing, mual, pandangan mengabur, dan lain sebagainya.

Tekanan darah yang berada di bawah batas normal bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, dehidrasi, stres, anemia, atau kondisi kesehatan yang lain. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya masalah kesehatan Anda bisa teratasi. Selain itu, pastikan untuk rutin mengonsumsi makanan ini.

Jus Anggur

Jika Anda mencari cara menaikkan tekanan darah, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi jus anggur. Jus anggur dipenuhi dengan karbohidrat sehingga mampu menaikkan tekanan darah dalam waktu singkat. Apalagi saat Anda kesulitan untuk mengunyah atau menelan makanan.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Bisa Jadi Obat Herbal Kolesterol

Kafein

Mengutip dari Only My Health (onlymyhealth.com), kafein berguna untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein. Misalnya, kopi, teh, atau cokelat hitam.

Makanan Manis

Makanan manis juga termasuk dalam daftar makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda coba. Only My Health mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan jumlah asam urat. Nah, penambahan asam urat itu berpengaruh pada kontraksi pembuluh darah yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Telur

Salah satu makanan untuk tekanan darah rendah adalah telur.

Telur termasuk makanan untuk tekanan darah rendah selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Jenis makanan itu mengandung banyak vitamin B12 yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Dengan begitu, risiko tubuh kekurangan darah, pendarahan, kerusakan sistem saraf, atau gangguan organ bisa Anda hindari. Cobalah untuk mengonsumsi telur secara rutin supaya tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Waspada! Anda Bisa Mengalami 5 Gejala Kolesterol Tinggi Ini

Air Putih

Air putih termasuk dalam daftar minuman dan makanan untuk tekanan darah rendah.

Seperti yang telah dikatakan, salah satu penyebab tekanan darah turun adalah dehidrasi atau kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Cobalah untuk minum banyak air putih, apalagi jika cuaca sedang panas atau Anda sedang melakukan kegiatan fisik yang berat.

Garam

Mengonsumsi garam bisa jadi salah satu cara meningkatkan tekanan darah. Anda bisa mencampur garam di beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi. Mengonsumsi sup kaleng, ikan asap, keju, dan buah zaitun juga bisa memberikan dampak yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×