kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Jenis Makanan yang Bisa Jadi Obat Herbal Kolesterol


Kamis, 23 Desember 2021 / 15:53 WIB
6 Jenis Makanan yang Bisa Jadi Obat Herbal Kolesterol
ILUSTRASI. Untuk menjaga kesehatan, cobalah untuk rutin mengonsumsi obat herbal kolesterol.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Jumlah kolesterol dalam tubuh perlu Anda kontrol supaya tak memicu kemunculan penyakit lain yang membahayakan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi obat herbal kolesterol.

Jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, risiko berbagai macam penyakit juga naik. Mulai dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke, atau penyakit jantung. Tentu saja hal itu tidak ingin Anda alami, kan?

Selain mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini, cobalah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan saran lain yang bisa Anda pakai untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu obat herbal kolesterol yang perlu Anda coba. Senyawa yang terdapat dalam bawang putih bisa menurunkan jumlah kolesterol. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga efektif menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Bumbu Dapur yang Bisa Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang perlu Anda konsumsi secara rutin untuk mengontrol kolesterol. Mengutip dari Healthline, alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan serat yang mampu menurunkan jumlah kolesterol.

Jahe

Jahe berguna sebagai obat herbal kolesterol.

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang menyimpan banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol.

Selain menurunkan kolesterol jahat, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menaikkan jumlah kolesterol HDL. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa terus terjaga.

Lemak ikan

Lemak ikan jadi obat herbal kolesterol lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Ada banyak sumber lemak ikan yang bisa Anda konsumsi, misalnya, ikan salmon. Dengan mengonsumsinya secara rutin, jumlah kolesterol baik dalam tubuh dapat bertambah.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi lemak ikan mampu meredakan peradangan dan menurunkan risiko stroke. Perlu diingat bahwa sebaiknya mengonsumsi lemak ikan yang dikukus atau direbus, ya. Menggoreng ikan justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini Diet Yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Sayur

Jangan lupa untuk memasukkan sayur dalam menu sehat yang Anda konsumsi setiap hari, ya. Antioksidan dan serat yang terkandung dalam sayur mampu mengontrol berat badan dan kolesterol.

Tak hanya itu, sayur juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dengan konsumsi rutin, kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga.

Cokelat hitam

Healthline merekomendasikan cokelat hitam untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, jumlah kolesterol jahat dapat berkurang saat partisipan penelitian rutin mengonsumsi cokelat dua kali sehari selama satu bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×