Wajib Anda coba, ini 5 cara mencegah penyakit maag

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib Anda coba, ini 5 cara mencegah penyakit maag

ILUSTRASI. Cara mencegah penyakit maag sebaiknya segera Anda praktikkan.

KONTAN.CO.ID - Penyakit maag adalah kondisi di mana perut terasa panas dan tidak nyaman. Cara mencegah penyakit maag perlu Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tak Anda inginkan.

Ada banyak faktor yang bisa membuat Anda mengalami penyakit maag, seperti asam lambung naik. 

Sebagai catatan, jika cara-cara dalam artikel ini tak cukup membantu, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, dokter bisa membantu Anda mengetahui mengapa lambung dan saluran pencernaan yang lain sering meradang.

Jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi obat penyakit maag yang diberikan dokter. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa tetap terjaga. Kegiatan yang sedang Anda lakukan pun bisa berjalan dengan lancar.

Berhenti merokok dan kurangi alkohol

Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman berlakohol? Jika iya, cobalah untuk menghindari dua hal itu. Mengutip dari Johns Hopkins Medicine International, nikotin dan alkohol bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Juga: Mengobati batu ginjal, ini manfaat teh daun alpukat untuk kesehatan

Atur berat badan

Cara mencegah penyakit maag bisa dari menurunkan berat badan.

Memiliki berat badan ideal tak hanya bagus untuk penampilan Anda. Lebih dari itu, mengontrol berat badan bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Cobalah untuk menurunkan berat badan supaya tekanan di sekitar lambung berkurang.

Jangan berbaring setelah makan

Cara mencegah penyakit maag berikutnya yang perlu Anda coba adalah jangan langsung berbaring setelah Anda makan. Kegiatan itu justru dapat menekan lambung yang mana membuat penyakit maag semakin parah.

Jika Anda ingin berbaring, beri jeda waktu selama dua hingga tiga jam supaya makanan yang Anda konsumsi bisa tercerna dengan baik. Supaya proses pencernaan lebih maksimal, tak ada salahnya untuk berjalan-jalan setelah makan.

Baca Juga: Buat penderita asam lambung, ini 6 Makanan yang tidak boleh dimakan

Hindari makanan dan obat tertentu

Menghindari makanan tertentu bisa jadi cara mencegah penyakit maag.

Makanan atau jenis obat tertentu bisa menyebabkan penyakit maag semakin parah. Johns Hopkins Medicine International merekomendasikan beberapa makanan yang perlu Anda hindari.

Mulai dari makanan berlemak dan berminyak, minuman berkarbonasi, bawang putih, hingga bawang merah.

Gunakan pakaian longgar

Menggunakan pakaian yang longgar juga bisa jadi cara mencegah penyakit maag, lo. Usahakan pula untuk tidak memakai ikat pinggang atau aksesoris lain yang terlalu ketat. Hal-hal itu bisa membuat tekanan di sekitar lambung semakin parah.

Selanjutnya: Cek 6 makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru