kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wabah corona masih belum reda, tetap waspada dengan memperhatikan hal ini


Selasa, 09 Juni 2020 / 10:39 WIB
Wabah corona masih belum reda, tetap waspada dengan memperhatikan hal ini
ILUSTRASI. Seorang wanita memakai masker berdiri membelakangi sejumlah orang yang menunggu untuk menarik uang di depan Commercial International Bank (CIB), ditengah kekhawatiran atas wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kairo, Mesir, Minggu (31/5/2020). REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Jumlah kasus positif virus Covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia masih bertambah setiap harinya. Tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Berdamai dengan keadaan sepertinya menjadi satu-satunya cara bijak yang mau tak mau mesti kita lakukan untuk beberapa waktu ke depan, sampai vaksin virus Covid-19 ditemukan.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kamis (7/5/2020) setelah sebelumnya Pemerintah telah melonggarkan beberapa kebijakannya, seperti membuka kembali akses layanan transportasi umum dan rancangan New Normal yang penerapannya sudah di depan mata.

Baca Juga: Kasus harian tembus rekor baru, WHO: Pandemi corona jauh dari kata usai

Terkait New Normal, menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia Wiku Adisasmita, ini adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan tambahan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Melindungi diri

Protokol kesehatan pertama adalah menggunakan masker. Ini wajib dipatuhi oleh siapa saja, baik itu dalam kondisi sehat maupun tidak. Terlebih ketika berada di luar rumah atau fasilitas umum.

Meski diwajibkan, penggunaan masker tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Terdapat dua penumpang Lion Air tujuan Sumatra Barat dinyatakan positif corona

Misalnya, untuk orang sakit atau orang dalam masa pemulihan. Masker yang direkomendasikan adalah masker medis satu kali pakai dan bukan jenis masker N95. Sementara itu, bagi yang sehat, cukup gunakan masker kain (non medis).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×