kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,39   -23,34   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus Corona tak bisa menginfeksi melalui mata manusia


Kamis, 05 November 2020 / 14:05 WIB
Virus Corona tak bisa menginfeksi melalui mata manusia
ILUSTRASI. Virus Corona tak bisa masuk melalui mata manusia. REUTERS/Lim Huey Teng


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai penelitian terkait Covid-19 masih terus dilakukan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Virus Corona tidak dapat menginfeksi tubuh manusia melalui kornea. Meski demikian, virus lain tetap bisa masuk melalui mata manusia.

Mengutip dari Study Finds (studyfinds.org), Virus Herpes dan Zika bisa masuk ke tubuh melalui kornea, tapi hal itu tak berlaku bagi Virus Corona. Namun, penelitian tersebut belum membuktikan semua kornea bisa mencegah infeksi Virus Corona.

Dr. Jonathan Miner dari Washington University School of Medicine selaku pemimpin penelitian menyatakan hal tersebut. Dr. Miner berkata bahwa hanya kornea yang didonorkan dan digunakan dalam penelitian yang tahan terhadap Virus Corona.

Penelitian itu dilakukan untuk melihat apakah mata bisa jadi jalur masuk Virus Corona untuk menyerang kesehatan tubuh. Dalam penelitian, kornea mata manusia dan tikus percobaan diuji dengan paparan Virus Herpes, Virus Zika, dan Virus Corona.

Baca Juga: Tidak mahal untuk mematuhi protokol kesehatan

Melansir dari Study Finds, beberapa pasien Covid-19 mengalami gejala sakit mata, seperti konjungtivitis. Namun, belum bisa dipastikan apakah kondisi itu disebabkan oleh infeksi virus atau tidak. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa Virus Corona tak bisa menembus kornea.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat kemungkinan Virus Corona bisa berkembang di jaringan lain selain kornea. Hasil penelitian tersebut bisa jadi petunjuk bahwa protokol kesehatan tetap harus diterapkan secara disiplin.

Baca Juga: Meski kecil kemungkinan, vaksin corona Oxford bisa meluncur akhir tahun

Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang melibatkan banyak orang. Jika Anda terpaksa harus mengikuti kegiatan bersama orang lain, pastikan untuk menggunakan masker secara benar dan menjaga jarak.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri. Mulai dari rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai hand sanitizer, dan membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan antiseptik.

Selanjutnya: Umrah di masa pandemi corona sudah diperbolehkan, cermati syarat dan aturannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×