Virus Corona ditemukan di air mata? Cek laporannya

Jumat, 24 September 2021 | 09:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Virus Corona ditemukan di air mata? Cek laporannya

ILUSTRASI. Anda perlu mewaspadai Covid-19 karena Virus Corona ditemukan di air mata. REUTERS/Edgar Su

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Corona dapat menginfeksi tubuh Anda saat masuk ke saluran pernapasan. Namun, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada cara lain yang digunakan virus tersebut untuk masuk ke tubuh Anda.

Hasil penelitian itu ditemukan oleh Amritsar’s Government Medical College. Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), para peneliti melihat apakah ada Virus Corona yang ditemukan di air mata penderita Covid-19.

Hasilnya 17.5% Virus Corona menyebar melalui air mata. Hasil penelitian serupa juga diterbitkan di Indian Journal of Ophthalmology. Hal itu menunjukkan bahwa Anda perlu lebih berhati-hati terhadap penyebaran Virus Corona.

Melansir E Times, mata rentan terpapar droplet yang mengandung Virus Corona. Droplet itu dikeluarkan pasien positif Covid-19 saat bersin, berbicara, atau batuk. Kebiasaan menggosok atau memegang area mata juga dapat meningkatkan risiko tertular penyakit tersebut.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 gelombang ketiga mengancam Indonesia, diprediksi terjadi Desember

Supaya Anda tidak terinfeksi Virus Corona, tentunya Anda perlu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Pastikan untuk menutup mulut dan hidung saat bersin menggunakan tisu atau siku bagian dalam.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan memakai masker yang sesuai dengan standar kesehatan. Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu menjaga kebersihan tangan Anda.

Baca Juga: Transisi pandemi ke endemik tidak banyak perubahan, tetap jaga prokes

Usahakan untuk mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir minimal selama 30 detik. Jika ingin memakai hand sanitizer, gunakan hand sanitizer yang memakai minimal 70% alkohol. Selain itu, pastikan untuk tidak memegang area mata terlalu sering.

Apabila kondisi memungkinkan, jangan ragu untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19, ya. Vaksin memberikan perlindungan ekstra pada tubuh Anda. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat terhadap paparan Virus Corona.

Selanjutnya: Mirip gejala flu, tetap waspadai ciri-ciri Virus Corona yang Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru