Mirip gejala flu, tetap waspadai ciri-ciri Virus Corona yang Anda alami

Selasa, 21 September 2021 | 10:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mirip gejala flu, tetap waspadai ciri-ciri Virus Corona yang Anda alami

ILUSTRASI. Anda perlu mewaspadai gejala flu karena bisa jadi itu adalah ciri-ciri Covid-19.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin merupakan pencegahan Covid-19 yang bisa Anda lakukan. Namun, bukan berarti hal itu membuat Anda kebal terhadap Virus Corona. Tanda-tanda terinfeksi Virus Corona masih perlu Anda waspadai. Apalagi ciri-ciri yang seperti infeksi virus flu.

Mengutip dari E Times (timesofiindia.indiatimes.com), risiko terinfeksi Covid-19 bagi mereka yang sudah divaksin memang cukup rendah. Saat terinfeksi pun, gejala yang muncul tak terlalu parah seperti penderita Covid-19 yang belum mendapat vaksinasi.

Biasanya, beberapa gejala Covid-19 yang dialami oleh Anda yang sudah divaksin adalah sakit kepala, pilek, bersin, sakit tenggorokan, hingga hilangnya fungsi indra penciuman dan pencecap. Nah, kondisi itu hampir serupa dengan infeksi flu yang biasa dialami oleh banyak orang sebelumnya.

Sebenarnya, virus corona dan virus flu menyebar dengan cara serupa. Hanya saja, efek infeksi virus flu bisa hilang dengan cepat. Sedangkan infeksi Covid-19 bertahan lebih lama. Bahkan, beberapa gejala Covid-19 tak mudah hilang meski Anda sudah dinyatakan negatif dari infeksi virus tersebut.

Baca Juga: Kondisi ini menandakan Anda terinfeksi Virus Corona

E Times mengingatkan Anda untuk tidak mengabaikan gejala mirip flu saat Anda sudah divaksin. Bisa saja hal itu jadi tanda Covid-19. Segera lakukan isolasi mandiri atau tes Covid-19 jika muncul gejala-gejala tersebut, ya.

Terlebih bagi Anda yang baru saja melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. Dengan melakukan isolasi mandiri atau tes Covid-19, Anda membantu menurunkan risiko penyebaran virus itu ke orang lain.

Baca Juga: Efek samping vaksin Covid-19 merek Janssen dari Belanda, apa saja?

Tidak berhenti sampai di situ, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker yang sesuai dengan standar dan jaga jarak dengan orang lain ketika berada di tempat umum. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan memakai sabun dan air atau hand sanitizer.

Jika memang memungkinkan, usahakan untuk tidak mengunjungi tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi. Apalagi jika Anda tak tahu apakah orang yang Anda temui sudah divaksin atau belum.

Selanjutnya: Waspadai kerusakan organ setelah sembuh dari Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru