Kondisi ini menandakan Anda terinfeksi Virus Corona

Senin, 20 September 2021 | 10:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kondisi ini menandakan Anda terinfeksi Virus Corona

ILUSTRASI. Tak hanya demam atau sakit tenggorokan, sakit telinga pun termasuk gejala Virus Corona. REUTERS/Damir Sagolj

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak varian Virus Corona yang bisa menginfeksi tubuh Anda. Salah satunya adalah Virus Corona varian delta. Tak hanya batuk, demam, dan gejala Covid-19 yang umum terjadi, ada ciri-ciri lain yang dapat Anda alami.

Melansir Best Life (bestlifeonline.com), banyak pasien yang melaporkan bahwa mereka mengalami infeksi telinga sebelum terdiagnosa positif Covid-19. Para ahli mengatakan bahwa biasanya infeksi telinga dibarengi dengan sakit tenggorokan.

Pada awalnya, Virus Corona menyebabkan penyumbatan di sinusitis atau saluran pernapasan lain. Karena hal itu, cairan di belakang gendang telinga berisiko mengalami infeksi. Nah, hal itulah yang akhirnya menyebabkan telinga terasa sakit.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa Virus Corona juga bisa mengakibatkan hilngnya fungsi indra pendengaran. Mengutip dari Best Life, awalnya pasien mengalami tinnitus. Tinnitus adalah kondisi di mana muncul suara berdengung yang mengganggu kondisi tubuh.

Baca Juga: 7 Langkah untuk menghindari Covid-19 atau penyakit lain saat naik pesawat

Selain sakit tenggorokan, infeksi telinga juga bisa dibarengi dengan gejala Covid-19 yang lain. Mulai dari pilek, hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, demam, dan nyeri otot. Jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan jika mengalami gejala itu.

Apalagi jika Anda baru saja melakukan kontak dengan pasien positif Virus Corona. Supaya dampak buruk Covid-19 dapat Anda cegah dengan optimal, usahakan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi, ya.

Baca Juga: Jenis vaksin Covid-19 di Indonesia dan efek sampingnya, catat ya!

Vaksin Covid-19 memang tak membuat Anda kebal dari Virus Corona. Namun, vaksinasi bisa memberikan perlindungan ekstra. Saat terinfeksi penyakit itu pun, gejala yang Anda alami lebih ringan. Risiko kematian dan perawatan di rumah sakit pun menjadi lebih rendah.

Setelah divaksin, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selalau pakai masker dengan benar, menjaga jarak dengan orang lain, dan jaga kebersihan tangan. Menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi pun perlu Anda lakukan.

Selanjutnya: Gejala flu dan Covid-19 berbeda, ini 3 cara membedakannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru