Tips Sehat

Vertigo Bisa Disebabkan Gerakan Ini, Catat Cara Mengatasi vertigo Tanpa Obat

Kamis, 22 September 2022 | 06:16 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Vertigo Bisa Disebabkan Gerakan Ini, Catat Cara Mengatasi vertigo Tanpa Obat

ILUSTRASI. Vertigo Bisa Disebabkan Gerakan Ini, Catat Cara Mengatasi vertigo Tanpa Obat. KONTAN/Muradi/01/08/2010


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar penting untuk Anda yang pernah mengalami vertigo. Vertigo bisa disebabkan oleh sejumlah gerakan tertentu. Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara mengatasi vertigo tanpa obat.

Vertigo bisa disebabkan oleh kegiatan yang ternyata tidak kita sadari. Penderita vertigo jangan melakukan kegiatan ini agar penyakit tersebut tidak kambuh.

Melansir Kompas.com, beberapa penyebab vertigo yang paling umum adalah kondisi telinga bagian dalam terkena infeksi hingga penyakit Meniere. Sementara itu, kondisi lain yang menjadi penyebab vertigo di antaranya adalah aritmia jantung, serangan panik sampai stres berat.

Meskipun kemungkinan penyebab dan perawatannya dapat berbeda, namun para dasarnya serangan vertigo dipicu oleh satu hal yang sama, seperti gerakan tertentu yang dilakukan secara mendadak. Melansir Harley Street Tent, vertigo bisa disebabkan oleh sejumlah gerakan berikut:

1. Membungkuk terlalu cepat

Vertigo bisa disebabkan karena membungkuk terlalu cepat. Kondisi tersebut dipicu oleh kombinasi tekanan darah yang tidak stabil dan gerakan kepala yang terlalu cepat, sehingga memungkinkan seseorang merasakan kehilangan keseimbangan.

Untuk mencegah kebiasaan membungkuk dalam gerakan yang cepat, misalnya sedang mengambil benda yang terjatuh di lantai. Kita dapat menyesuaikannya dengan menekuk lutut untuk menjaga posisi kepala tetap dalam keadaan tegak.

Baca Juga: Catat! 5 Obat Vertigo Alami yang Mudah Untuk Dicari

2. Keseringan peregangan leher

Vertigo juga bisa disebabkan karena peregangan leher. Peregangan di leher juga termasuk kebiasaan yang harus dihindari para pengidap vertigo. Aktivitas semacam ini dapat membuat saraf-saraf di leher menegang sehingga memicu serangan vertigo.

3. Mengubah posisi dengan cepat

Vertigo bisa disebabkan oleh perubahan posisi anggota badan yang mendadak. Terutama pada saat berdiri atau bangun dari tempat tidur. Mengubah posisi dengan cepat bisa membuat tubuh kehilangan keseimbangan sementara.

Ketika vertigo dalam beberapa hari terakhir sering kambuh, usahakan menghindari perubahan posisi yang seperti ini. Sebaiknya, hindari kegiatan yang menggunakan gerakan cepat dan coba lakukan setiap gerakan perlahan saat memulai aktivitas.

4. Memutar, memiringkan atau menggerakkan kepala dengan cepat

Vertigo juga bisa disebabkan oleh kegiatan memutar, memiringkan atau menggerekan kepala dengan cepat. Menjaga gerakan kepala tetap lambat dan stabil, maka efeknya bisa membantu dalam mencegah kambuhnya vertigo.

Cara mengatasi vertigo

Diberitakan Kontan.co.id, sejumlah cara berikut bisa mengatasi vertigo tanpa obat. Berikut cara mengatasi vertigo tanpa obat:

Tidur yang Cukup

Salah satu cara mengatasi vertigo adalah mencukupi waktu tidur di malam hari.

NDTV Food (food.ndtv.com) merekomendasikan Anda untuk memiliki waktu tidur di malam hari yang cukup dan berkualitas. Usahakan untuk tidur sekitar 8 jam per malam. Apabila Anda merasa kesulitan untuk tidur, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Minum Air Putih

Gejala vertigo bisa semakin parah saat tubuh Anda kekurangan cairan atau dehidrasi. Nah, cara mengatasi vertigo selanjutnya adalah dengan minum banyak air putih. Khususnya bagi Anda yang sedang melakukan banyak kegiatan atau berada di cuaca yang panas.

Lakukan Yoga

Cara mengatasi vertigo yang sebaiknya mulai rutin Anda lakukan adalah yoga. Saat melakukan kegiatan itu, Anda mengatur pernapasan supaya lebih teratur. Selain mengurangi intensitas vertigo, rutin melakukan yoga juga baik untuk kesehatan mental dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaatkan Bahan Alami

Faktor lain yang dapat memperparah vertigo adalahjumlah kolesterol dan tekanan darah tinggi serta berat badan berlebih. Artinya, Anda bisa memanfaatkan bahan alami itu mengurangi hal-hal tersebut sehingga vertigo pun dapat terobati. Misalnya, gunakan bawang merah, essential oil, dan lain-lain.

Usahakan untuk melakukan beberapa cara di atas secara rutin, ya. Dengan begitu, frekuensi kemunculan vertigo dapat berkurang. Intensitas vertigo yang Anda rasakan pun dapat menurun.

 

Selanjutnya: Luhut Buka Perdagangan Wall Street Rabu (21/9) Indeks Sempat Menguat, Lalu Tumbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru