kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,79   5,15   0.56%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin Covid-19 1 dan 2 Kurang Efektif Lawan Omicron, Cegah dengan 6 Langkah Ini


Senin, 27 Desember 2021 / 07:59 WIB
Vaksin Covid-19 1 dan 2 Kurang Efektif Lawan Omicron, Cegah dengan 6 Langkah Ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua dosis vaksin AstraZeneca dan vaksin Pfizer-BioNTech kurang efektif dalam mencegah varian Omicron dibandingkan dengan varian virus sebelumnya. Itu merupakan hasil studi terkini. 

Sebelumnya, studi juga menunjukkan bahwa vaksin Sinovac dan Sinopharm lemah terhadap varian Omicron. Namun, para peneliti percaya suntikan vaksin dosis ketiga atau booster akan meningkatkan sistem imun terhadap varian virus baru B.1.1.529 atau Omicron yang dapat mencegah keparahan penyakit. 

Melansir CNBC, Senin (13/12/2021) studi pra-cetak di MedRxiv yang dilakukan para peneliti dari Oxford University ini menguji sampel darah beberapa orang, 28 hari setelah mendapatkan suntikan dosis kedua vaksin tersebut. 

Ketika varian Omicron dimasukkan ke sampel tersebut, para peneliti melaporkan penurunan substansial dalam antibodi penetral untuk melawan Covid-19 dibandingkan dengan pembentukan respons sistem imun yang terlihat di varian sebelumnya. 

Baca Juga: Ilmuwan Menemukan 5 Gejala Utama Varian Omicron, Ini Daftarnya

Riset ini mencatat bahwa beberapa penerima vaksin gagal menetralisir virus, sehingga berpotensi akan mengakibatkan peningkatan kasus pada mereka yang sudah divaksinasi lengkap, maupun infeksi ulang pada penyintas Covid-19. 

Para peneliti juga mengatakan, hal itu mungkin dapat terjadi meski saat ini tidak ada bukti bahwa varian Omicron berpotensi menyebabkan penyakit parah, rawat inap atau kematian. 

Kepala Medical Sciences Division di Oxford University sekaligus penulis utama studi, Gavin Screaton mengatakan, bahwa temuan tersebut menandakan siapapun yang berkesempatan mendapatkan vaksin dosis ketiga harus segera menerimanya. 

Baca Juga: Kasus Omicron di Indonesia Capai 46, Satu di Antaranya Nakes Wisma Atlet




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×