Update terbaru: Daftar rumahsakit yang tawarkan isolasi mandiri di RS, hotel & rumah

Sabtu, 19 Juni 2021 | 18:00 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Update terbaru: Daftar rumahsakit yang tawarkan isolasi mandiri di RS, hotel & rumah

ILUSTRASI. Inilah update daftar lengkap rumahsakit yang menawarkan isolasi mandiri di RS, hotel dan isolasi mandiri akibat corona di rumah. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Indonesia menuju 2 juta kasus positif corona atau Covid-19. Per Jumat 18 Juni 2021, ada tambahan kasus positif corona sebanyak 12.990 kasus baru Covid-19. Alhasil, total kasus positif corona atau Covid-19 mencapai 1.963.266.

Provinsi DKI Jakarta mencatatkan penambahan kasus corona terbanyak dengan jumlah 4.737 kasus. Di bawahnya, Jawa Barat dengan penambahan Covid-19 sebanyak 2.791 kasus, lalu Jawa Tengah dengan 1.331 kasus positif corona.
Tak pelak, bertambahnya angka positif corona di Indonesia menjadikan kapasitas atau angka hunian rumah sakit rujukan juga penuh.  

Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Letnan Kolonel Laut M. Arifin mengatakan, kapasitas Wisma Atlet penuh. 

Makanya, sejak Kamis 17 Juni, pemerintah membuka Tower 8 Wisma Atlet Pademangan yang semula untuk menampung pekerja migran Indonesia (PMI) atau repatriasi selama masa karantina.

Tower 8 Wisma Atlet Pademangan mampu menampung sekitar 1.500 orang.  "Di sana untuk tanpa gejala dan gejala ringan yang tidak ada komorbid," tandas Arifin.

Penuhnya angka hunian rumah sakit rujukan untuk pasien corona membuat isolasi mandiri menjadi pilihan yang tak terelakan, apalagi bagi seseorang yang terpapar corona tanpa gejala.

Sejumlah rumah sakit swasta belakangan menangkap peluang bagi masyarakat yang terpapar corona untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sakit, di hotel yang sudah bekerja sama dengan rumah sakit. 

Bahkan, belakangan rumah sakit juga menawarkan paket home service alias layanan untuk isolasi di rumah dengan pemantauan kesehatan dilakukan oleh tim medis rumahsakit. Tim medis dari rumahsakit akan memantau kondisi pasien corona secara penuh.

Berikut daftar rumahsakit yang menawarkan paket isolasi mandiri di rumahsakit, hotel atau melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pantauan rumahsakit.

Rumahsakit Satria Medika

Rumahsakit Satria Medika menawarkan paket layanan isolasi mandiri di rumah dengan pantuan rumahsakit dengan tajuk mandiri di rumah seharga Rp 4 juta selama 10 hari. Dengan tarif sebesar itu, pasien positif corona yang melakukan isolasi mandiri di rumah akan mendapatkan telekonsultasi dokter spesialis, dokter umum, pemeriksaan DL, DGS, hingga obat-obatan yang diperlukan.

Paket ini juga termasuk visit dokter umum, serta pasien mendapatkan alat oksimeter dan termometer digital dari rumahsakit yang berlokasi di Bekasi ini.

 

Primaya Hospital

Dari website resmi perusahaan, Primaya Hospital Tangerang menyediakan fasilitas isolasi mandiri bagi pasien corona dengan tarif mulai dari Rp 4,5 juta, Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta selama 7 hari sampai 14 hari. 

Paket Isolasi Mandiri Tangerang


Besaran tarif atau harga tergantung dengan paket yang diambil pasien corona atau covid-19, 

Paket  termasuk konsultasi dokter umum dan spesialis atau paket telekonsultasi swab PCR, pemeriksaan darah dan rontgen thorax, alat oksimetri Jari dan termometer digital, serta obat-obatan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Inilah tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di Jakarta

Rumah Sakit St Carolus;

Menawarkan Carolus Quarantine Center, RS St Carolus menawarkan masyarakat yang ngin melakukan isolasi mandiri dengan di kamar hotel.

 

 

“Dengan harga mulai 15 jutaan, Anda dapat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dalam pemantauan tim medis RS St. Carolus,” sebut St Carolus dalam instragram resminya.

Bekerjasama dengan Hotel Oyo Town House 1 Salemba, Hotel Blue Sky Petamburan, serta Hotel Yellow di Harmono.

Paket yang ditawarkan adalah kamar hotel, makan 3 kali sehari, PCR swab test, kunjungan dokter, konsultasi dokter secara virtual, obat standar, multivitamin hingga layanan chat dengan dokter.

Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi di Cengkareng Timur menawarkan paket isolasi mandiri, bagi yang baru dari luar kota atau Anda yang memiliki keluarga atau karyawan yang pulang daei daerahnya.  Tarif mulai Rp 2,5 juta untuk tiga hari bagi pasien corona yang  isolasi mandiri. Biaya tersebut sudah termasuk tes PCR satu kali, cek kesehatan, multivitamin, makan tiga kali sehari, dan snack dua kali sehari.

Untuk paket isolasi mandiri pasien corona selama lima hari biayanya Rp 4,2 juta, termasuk dua kali tes PCR.

Adapun paket isolasi mandiri pasien corona selama 14 hari dengan biaya Rp 6 juta, termasuk rapid test satu kali. Biaya tersebut juga sudah termasuk tes kesehatan, multivitamin, makan tiga kali sehari, dan snack dua kali sehari

 

 

Rumah Sakit Gotong Royong

Dalam instragram resminya, Rumahsakit Gotong Royong yang beroperasi di Surabaya, Jawa Timur ini menawarkan isolasi mandiri di rumahsakit dengan biaya Rp 500.000 per hari. .

Dengan tarif Rp 500.000 pasien yang positif corona akan menerima layanan antara lain: makan tiga kali sekali, fasiltas cuci alias laundry, serta kunjungan dokter umum. Hanya perlu diingat bahwa tarif ini belum termasuk obat-obatan, swab jika dibutuhkan serta tak termasuk test PCR ya.

Baca Juga: Corona di Jakarta melonjak inilah 31 fasilitas publik yang jadi tempat isolasi pasien

"Tidak perlu takut isolasi di RS karena pelayanan dan penanganan akan lebih cepat dan tepat bila anda isolasi di RS kami.,"sebut rumah sakit ini dalam instagram rumah sakit ini.

 

KONTAN juga telah menelusuri sejumlah website resmi sejumlah rumah sakit yang menawarkan isolasi mandiri, namun beberapa di antaranya sudah tak menawarkan. Antara lain: Rumah Sakit Yarsi.

 Kini RS Yarsi tidak lagi menerima pasien untuk paket isolasi mandiri. Meski begitu,  RS Yarsi tetap merawat pasien Covid-19 dengan kondisi sedang sampai berat. Seperti dalam tulisan berikut ini: (Baca Juga: Isolasi mandiri corona di RS & hotel jadi tren, ini daftar tarif lengkap & lokasinya)

Adapun Rumah Sakit Pelni yang sebelumnya bekerjasama dengan Hotel Sahid menerima isolasi mandiri, kini di laman websiste maupun media sosialnya tak lagi tercantum.

Namun merujuk website Grand Sahid Jaya, hotel ini melayani isolasi mandiri lima malam, enam hari dengan tarif Rp 8,5 juta untuk deluxe room dan Rp 9,5 juta untuk suite room.

Dengan membayar tarif sebesar itu, orang yang ingin menjalani isolasi mandiri misal habis bepergian dari luar kota, akan mendapatkan makan tiga kali per hari, laundry 4 pieces per hari, mendapat fasiltas wifi gratis, termasuk penjemputan dari airportt maksimal untuk dua orang serta PCR test dua kali.

Selain rumasakit swasta, pemerintah DKI sejatinya juga menyediakan fasilitas isolasi mandiri di sejumlah lokasi secara gratis. Silakan menentukan pilihan. 

Namun sebaiknya, Anda dan kita semua tak terpapar covid-19 demi memutus rantai penyebaran. Jadi displin menjalankan protokol kesehatan  5 M agar kita tak terpapar Covid-19. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

Editor: Titis Nurdiana
Terbaru