Upaya MRT Jakarta terapkan protokol kesehatan Covid-19

Rabu, 08 September 2021 | 12:25 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Upaya MRT Jakarta terapkan protokol kesehatan Covid-19


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pencegahan diri dan perlindungan terhadap sesama dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu salah satunya perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. 

Tak hanya penerapan protokol kesehatan di rumah, tempat kerja namun juga protokol kesehatan perlu diketatkan dalam layanan transportasi publik. Hal ini lantaran sebagian banyak orang justru menggunakan layanan publik untuk aktivitas sehari-hari seperti kerja, kuliah dan lain-lain. 

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Corporate Communication PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menjelaskan penerapan protokol kesehatan di lingkungan MRT Jakarta turut dilakukan diantaranya yakni kewajiban memakai masker yang sesuai (masker medis, N95, dan double masker serta Antar penumpang wajib menjaga jarak. 

Baca Juga: Tempat ibadah dibuka terbatas, tetap jalankan protokol kesehatan dengan maksimal

“Dalam MRT kami terapkan larangan untuk berbicara atau berkomunikasi baik satu maupun dua arah selama di dalam kereta dan area peron stasiun,” kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (7/9). 

Selain itu, penumpang juga diwajibkan duduk ditempat yang sudah disediakan (diberi tanda) berdasarkan aturan pembatasan kapasitas penumpang 65 orang per car/kereta.

Dia juga bilang, setiap stasiun MRT Jakarta, telah disediakan alat pengukur suhu sebelum memasuki area stasiun, tempat cuci tangan, ruang isolasi jika ada penumpang yang pingsan atau lainnya di dalam stasiun. “Ada juga ruang isolasi tersebut tersedia APD lengkap dan tabung oksigen. Serta melakukan pembersihan disinfeksi area stasiun dan ratangga secara rutin,” tambahnya. 

Dia menjelaskan penumpang yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku akan diberikan peneguran oleh petugas yang berwajib. “Kami juga akan mengeluarkan penumpang dari kereta atau stasiun apabila penumpang tidak mematuhi aturan terkait protokol kesehatan yang berlaku di MRT Jakarta,” tutupnya. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Siap hidup berdampingan dengan corona? Jangan lewatkan protokol kesehatan terbaru

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru