HOME

Turunkan kolesterol, manjurkah pakai obat herbal?

Minggu, 19 Juli 2020 | 13:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Turunkan kolesterol, manjurkah pakai obat herbal?

ILUSTRASI. Bawang putih menjadi salah satu obat kolesterol alami yang bisa Anda konsumsi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengontrol kolesterol menjadi salah satu kunci penting dalam perawatan penyakit jantung. Selain mengikuti saran dokter, mengonsumsi obat kolesterol alami juga banyak dilakukan orang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, obat kolesterol alami ini belum terbukti secara ilmiah.

Dilansir dari healthline.com, HFSA atau Heart Failure Society of America menyebutkan obat kolesterol alami belum terbukti bisa dipakai menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Begitu pula dengan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 3 obat jerawat yang ampuh dari bahan alami

Karena belum terbukti secara ilmiah, obat kolesterol alami cukup berisiko jika dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Hal itu disebabkan efek sampingnya yang belum bisa diprediksi.

Meski demikian, masih banyak orang tertarik mencoba obat kolesterol herbal ini. Alasannya obat kolesterol alami bisa dikonsumsi tanpa resep dokter. Beberapa orang bahkan menganggap obat kolesterol alami sangat bermanfaat, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Mengutip dari healthline.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan obat kolesterol alami. Salah satunya, ikan yang kaya asam lemak omega 3, seperti ikan sarden, salmon, dan tuna, cocok bila dipakai sebagai obat kolesterol alami.

Asam lemak omega 3 bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi satu hingga dua porsi ikan selama satu minggu untuk mendapat manfaat tersebut.

Selain asam lemak omega 3 dalam ikan, healthline.com menyebutkan bahwa obat kolesterol alami juga bisa Anda dapat dengan mengonsumsi bawang putih. Bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, tekanan darah juga bisa menurun jika Anda rutin mengonsumsi bawang putih.

Tak hanya mengonsumsi obat kolesterol alami, menjalani pola hidup sehat juga harus Anda lakukan agar tingkat kolesterol dalam tubuh berkurang. Tidak merokok, rajin olahraga, mengatur berat badan, berhenti mengonsumsi alkohol, dan mengurangi stres adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kolesterol.

Baca Juga: 3 sumber makanan yang mengandung vitamin E

Editor: Belladina Biananda


Terbaru